Peran Kakek dan Nenek dalam Mengajari Nilai Kehidupan pada Anak

Peran Kakek dan Nenek dalam Mengajari Nilai Kehidupan pada Anak

Hadila.co.id Perkembangan anak sangat ditentukan oleh keberadaan orang-orang disekitarnya. Lingkungan sekitar dan juga orang-orang yang berinteraksi dengan anak sangat berperan dalam perkembangan si kecil. Oleh karena itu orangtua selalu berusaha menjaga perkembangan anak, termasuk menjaga kedekatan si kecil dengan kakek dan nenek.

Keberadaan dan kedekatan kakek dan nenek dengan cucunya cukup berpengaruh dengan perkembangan anak, terutama dari segi mental.

Mengasah Fisik dan Kesehat Anak dengan Permainan Tradisional

Pertama, keberadaan kakek-nenek memungkinkan terjadinya proses pewarisan nilai kehidupan lebih lancar. Anak-anak akan dengan mudah melihat sosok mereka sebagai cerminan nilai kehidupan yang baik. Seperti nilai kasih sayang, kedisiplinan, kesabaran, dll.

Kedua, anak-anak akan sangat terbantu proses sosialisasi terhadap lingkungan sekitarnya. Biasanya kakek-nenek cukup telaten membimbing anak kita menghadapi masyarakat yang lebih luas.

Anak Kurang Percaya Diri? Begini Cara Kita Menanganinya

Ketiga, kita tidak perlu menjelaskan banyak tentang nilai kepatuhan dan kasih sayang kepada orang tua bagi anak-anak kita. Cukup memberikan contoh sehari-hari sikap kita yang baik kepada kakek-nenek.

Keempat, anak-anak lebih terawat dan terjaga dengan baik. Dan kelima, do’a kakek-nenek akan kebaikan dan kesalehan cucunya serta restu yang selalu menyertai menjadi nilai tambah yang tiada tara.

Anak Sering Marah dan Memukul saat Meminta Sesuatu? Orangtua Perlu Terapkan Tips Berikut Ini

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat