Anak Kurang Percaya Diri? Begini Cara Kita Menanganinya

Anak Kurang Percaya Diri? Begini Cara Kita Menanganinya

Hadila.co.id Setiap anak pasti tumbuh dan berkembang dengan masing-masing karakternya. Karakter anak juga dapat dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya, meski demikian tak jarang kita menemui anak dengan sifat dan karakter yang merugikan dirinya sendiri. Diantaranya adalah anak kurang percaya diri.

Meski begitu kita tidak bisa menyalahkan mereka jika anak kurang percaya diri. Justru sebaliknya kita harus mencari pola asuh yang tepat dan juga memahami penyebab anak tumbuh menjadi anak kurang percaya diri.

Anak Sering Marah dan Memukul saat Meminta Sesuatu? Orangtua Perlu Terapkan Tips Berikut Ini

Ibu yang berbahagia, terkait hal tersebut, maka kita berusaha agar secara bertahap rasa Percaya Diri anak dapat muncul dengan cara-cara berikut ini :

Pertama, senantiasa memunculkan positif thinking dalam setiap kesempatan. Ketika anak sedang berkeluh kesah tentang masalahnya atau diperolok temannya, selalu kita besarkan hati dan pikirannya kalau anak kita tetap yang terbaik di mata orang tua dan keluarga.

Kedua, mengarahkan anak untuk senantiasa bersyukur atas segala karunia Allah. Kita tanamkan konsep kesyukuran atas segala karunia Allah, bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini, masing masing pasti memiliki kelebihan dan kekurangan.

Belajar Menjadi Ayah Lewat Dialog Ayah dan Anak dalam Alquran

Ketiga, perkuat konsep diri anak dengan memperkaya wawasan melalui buku bacaan yang Islami, membangkitkan semangat untuk maju, dan menumbuhkan kepercayaan diri. Ketika anak belum berminat untuk membaca buku secara mandiri, kita yang membacakan atau mendongeng kisah-kisah teladan tersebut.

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat