Belajar Menjadi Ayah Lewat Dialog Ayah dan Anak dalam Alquran

Belajar Menjadi Ayah Lewat Dialog Ayah dan Anak dalam Alquran

hadila.co.id Alquran Al Karim, sejatinya adalah petunjuk dan tuntunan bagi seluruh umat muslim yang ada di dunia dari generasi ke generasi. Semua aspek dalam kehidupan dapat kita pelajari dalam Alquran, termasuk dalam hal parenting, banyak kita temui dialog ayah dan anak dalam Alquran yang bisa kita pelajari sebagai orangtua.

Kenapa harus Alquran? karena dalam Alquran kita bisa mendapatkan jawaban dari semua masalah yang kita temui, tidak ada keburukan di dalamnya, semua yang ada dalam Alquran adalah kebaikan karena Alquran adalah perkataan Allah SWT.

Para Ayah yang baik, kita pasti sepakat bahwa Alquran adalah sumber utama bagi setiap muslim di setiap lini kehidupannya. Sayang ya Yah, kalau pernyataan ini hanya tinggal pernyataan tanpa aplikasi.

Mengajari Buah Hati Kontrol Diri untuk Menghindari Obesitas Anak

Buktinya, siapa yang hari ini bicara tentang parenting dengan merujuk langsung ke Alquran. A big question! padahal sejatinya banyak dialog ayah dan anak dalam Alquran yang bisa kita contoh.

Nah Ayah, kita akan belajar bersama langsung dari Alquran. Menggali sedalam-dalamnya. Untuk mendapatkan mata air terjernih. Panduan untuk setiap ayah, melalui dialog ayah dan anak dalam Alquran.

Sebuah tulisan ilmiah akan menjadi inspirasi kajian kita dalam tema ini yaitu dialog ayah dan anak dalam Alquran.

Tulisan ilmiah tersebut karya Sarah binti Halil bin Dakhilallah al-Muthiri, untuk meraih gelar magister di Universitas Umm al-Quro, Mekah, Fakultas Pendidikan, Konsentrasi Pendidikan Islam dan Perbandingan.

Judul tulisan ilmiah tersebut adalah: “Dialog orangtua dengan anak dalam Alquran Al-Karim dan aplikasi pendidikannya

Melibatkan Anak untuk Mempersiapkan Masa Tua Kita

Dari judulnya saja, sudah luar biasa. Dan memang luar biasa isinya. Menarik ya Yah? Sudah gak sabar nih untuk baca bersama.

Menurut tulisan ilmiah tersebut, terdapat 17 dialog (berdasarkan tema) antara orangtua dengan anak dalam Alquran yang tersebar dalam 9 Surat. Ke-17 dialog tersebut dengan rincian sebagai berikut:

  • Dialog antara ayah dengan anaknya (14 kali)
  • Dialog antara ibu dan anaknya (2 kali)
  • Dialog antara kedua orangtua tanpa nama dengan anaknya (1 kali)

Mengajarkan Buah Hati Mencegah Bullying pada Anak dan Cara Menyikapinya

Lihatlah ayah, Masya-Allah. Ternyata Alquran ingin memberikan pelajaran. Bahwa untuk melahirkan generasi istimewa seperti yang diinginkan oleh Allah dan Rasul-Nya, harus dengan komposisi seperti di atas.

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat