Mengajari Buah Hati Kontrol Diri untuk Menghindari Obesitas Anak

Mengajari Buah Hati Kontrol Diri untuk Menghindari Obesitas Anak

Hadila.co.id Saya sering berbicara pada banyak forum parenting tentang semakin banyaknya fenomena obesitas anak (kelebihan berat badan). Dengan lantang saya meminta kepada para wali murid untuk mengurangi asupan gizi bagi anak-anak mereka dan menambah beban kegiatan atau tanggung jawab, tanpa mampu merasakan betapa sulitnya mereka melakukan hal demikian kepada putra-putri yang dicintainya agar tak terkena obesitas anak.

Sampai tiga peristiwa beruntun menimpa saya dengan tema yang sama yaitu mengenai obesitas anak. Peristiwa pertama adalah keluhan anak kedua kami tentang celananya yang ia rasakan semakin sesak.

Dengan kejadian ini saya tidak meresponnya sebagai masalah obesitas tetapi hanyalah sebagai datang waktunya untuk beli celana baru.

Melibatkan Anak untuk Mempersiapkan Masa Tua Kita

Peristiwa kedua adalah saat ada laporan dari anak kami bahwa ia kelebihan sekitar 6 kg dari berat badan ideal berdasarkan tinggi. Kejadian kedua  ini pun belum menggerakkan saya untuk menyikapinya dengan serius.

Peristiwa terakhir pada pekan yang sama adalah datangnya dua orangtua yang konsultasi tentang anaknya kelebihan berat dengan keinginan makan yang tidak mampu dikontrolnya.

Maka, saatnya untuk bertindak mengurangi asupan gizi anak, seperti yang selama ini saya sampaikan. Akan tetapi, Ya Allah betapa sulitnya untuk memulai mengurangi asupan gizinya. Apakah tindakan ini tidak membuatnya sakit? Mengapa harus mengurangi toh saya bisa membelikannya?

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat