fbpx

Khasiat Jus Kunyit dan Mengkudu

Khasiat Jus Kunyit dan Mengkudu

Hadila.co.id –Tanaman herbal kunyit (curcuma domestica val) termasuk salah satu tanaman obat dan rempah-rempah yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Kunyit mengandung antioksidan dan fitonutrien yang berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan terutama sistem kekebalan tubuh. Kurkumin yang terkandung dalam kunyit juga berfungsi sebagai antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi dan sifat anti-glikemik. Sifat ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga mencegah beberapa penyakit.

Tanaman herbal mengkudu (morinda citrifolia) sering dikenal sebagai buah yang memiliki rasa, bentuk, bau yang kurang enak. Mengkudu memiliki berbagai macam khasiat untuk mencegah dan mengobati penyakit. Hipertensi dan kencing manis adalah sebagian penyakit yang dapat disembuhkan dengan konsumsi buah mengkudu secara teratur. Selain itu juga dapat mengobati disentri, radang usus, radang amandel, difteri, sakit liver dan sariawan . Buah ini memiliki cita rasa yang khas serta dapat dicampur dengan beberapa rempah yang lain misalnya madu, kunyit dan jahe. Berbagai penelitian telah mendapatkan hasil bahwa tanaman herbal satu ini dapat dijadikan obat alami bagi penyakit degeneratif.

Tanaman ini mengandung berbagai vitamin, mineral dan enzim, alkaloid, ko-faktor dan sterol tumbuhan yang terbentuk secara alamiah. Daun dan akar mengkudu mengandung asam amino utuh yang merupakan sumber protein utama. Buah mengkudu juga mengandung xeronine dan prekursornya (proxeronine) dalam jumlah besar. Xeronine adalah salah satu zat penting yang mengatur fungsi dan bentuk protein spesifik sel-sel tubuh manusia. Kegunaan xeronine dalam buah mengkudu yaitu untuk mengembalikan kesegaran dan ketahanan protein pada tubuh agar terlihat lebih awet muda. Proxeronine dan proxeronase saling berhubungan satu sama lain untuk membantu membesarkan liang pada usus kecil dan mempercepat penyerapan bahan nutrien ke dalam sistem pencernaan makanan.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jus mengkudu yaitu 1 buah mengkudu yang telah masak, 30 gr kunyit, 400 ml air matang dan 2 sendok makan madu asli. Cara membuat jus mengkudu yang segar adalah sebagai berikut, buah mengkudu dan kunyit dicuci dengan air mengalir, kunyit dikupas kemudian buah mengkudu dan kunyit dipotong-potong lalu masukkan ke dalam gelas blender dengan air matang. Hidupkan mesin blender kemudian giling hingga semua bahan tercampur halus merata. Saring ke dalam gelas saji kemudian tambahkan madu asli , jus mengkudu siap disajikan. <Dimuat di Rubrik Rahasia Sehat, Majalah Hadila edisi Juni 2017,Diasuh oleh Ahli Keperawatan Teknologi Bahan Alam, Budhi Purwanto>

Redaksi
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat