Keluar Air Mani Sendiri dan Tanpa Syahwat, Membatalkan Puasa atau Tidak?

Keluar Air Mani Sendiri dan Tanpa Syahwat, Membatalkan Puasa atau Tidak?

Hadila.co.id Assalamu’alaikum, Ustaz. Suami saya umurnya 60 tahun. Beliau sering tanpa disadari mengeluarkan cairan putih seperti air biasa tapi licin (maaf) dari kemaluannya (mani encer mungkin ya), padahal suami saya dikatakan hilang rasa birahi juga tidak sama sekali sih, hanya agak hilang saja. Saat puasa sekarang ini sering keluar juga siang hari tanpa sebab begitu. Apakah ini membatalkan puasanya, Ustaz? Bagaimana yang sebenarnya, Ustaz? Mohon penjelasannya.

Wa’alaikumussalam wa Rahmatullah wa Barakatuh. Yang perlu diperjelas adalah apakah itu benar air mani? Dalam Dustur Al ‘Ulama:

Air mani adalah air berwarna putih yang membuat kemaluan lemas setelah keluarnya, dan terbentuknya bayi adalah berasal darinya. (Dustur Al ‘Ulama, 3/361)

Tidur Setelah Sholat Subuh, Haram Makruh atau Mubah?

Apakah si bapak itu lemas setelah keluar cairan tersebut? Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah memberikan penjelasan tentang MADZI:

Itu adalah air berwarna putih agak kental yang keluar ketika memikirkan jima’ atau ketika bercumbu, manusia tidak merasakan keluarnya, terjadi pada laki-laki dan wanita hanya saja wanita lebih banyak keluarnya, dan termasuk najis berdasarkan kesepakatan ulama. (Fiqhus Sunnah, 1/26. Darul Kitab Al ‘Arabi)

Tips Menjaga Kesehatan saat Ramadan, agar Tetap Maksimal dalam Beribadah

Apa perbedaan MANI dengan MADZI?

Perbedaan antara madzi dan mani adalah, bahwa mani keluar dibarengi dengan syahwat dan keadaan lemas setelah keluarnya, ada pun madzi bisa keluar dengan syahwat dan tanpa syahwat, dan tidak membuat lemas setelah keluarnya. (Al Majmu’ Syarh Al Muhadzdzab, 2/141, Fathul Qadir, 1/42)

Jadi, jika dia setelah itu lemas, maka itu mani.

Adapun keenceran itu terkait dengan produksi spermanya. Tapi, reaksi dasarnya “lemas” dan “rasa enak” saat keluar itulah mani. Jika ini tidak ada, MAKA ITU BUKAN MANI.

Bulan Ramadan Setan Dibelenggu, Lalu Kenapa Manusia Masih Ada yang Berbuat Maksiat?

ANGGAPLAH ITU MANI

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat