Tidur Setelah Sholat Subuh, Haram Makruh atau Mubah?

Tidur Setelah Sholat Subuh, Haram Makruh atau Mubah?

Hadila.co.id Perlu diketahui, tidak ada ayat atau hadits yang menyebutkan larangan tidur setelah shalat subuh. Sehingga pendapat yang paling kuat adalah BOLEH secara syar’i, sebab ketiadaan dalil atas larangannya. Bahkan, sebagian orang-orang shalih masa salaf melakukannya.

Dalam Al Mushannaf-nya Imam Ibnu Abi Syaibah disebutkan bahwa Aisyah, Ummu Salamah, Ibnu Sirin, Sa’id bin Jubeir, Shuhaib, mereka tidur setelah Subuh.

Lalu, kenapa ada ulama lain sejak masa salaf dan khalaf memakruhkan? Sebab menurut mereka setelah subuh adalah waktu diberkahi, dan waktu dibagikan rezeki, dan tidak baik di sisi kesehatan tidur setelah shubuh.

Tips Menjaga Kesehatan saat Ramadan, agar Tetap Maksimal dalam Beribadah

Syaikh Abdullah Al Faqih Hafizhahullah menjelaskan:

“Sesungguhnya tidur di waktu ini adalah boleh, dalam arti tidak berdosa melakukannya, walau dia tidak membutuhkannya. Sebagian ulama memakruhkan karena melihat berbagai pertimbangan, seperti kesehatan dan lainnya, kecuali jika ada kebutuhan untuk melakukannya.”

Imam Ibnul Qayyim dalam Zaadul Ma’ad berkata;

“Tidur pagi itu menghalangi rezeki, sebab itulah saat rezeki makhluk sedang dicari, di waktu itulah rezeki sedang dibagikan. Maka, tidur di waktu itu bisa mencegahnya kecuali memang darurat.”

Bulan Ramadan Setan Dibelenggu, Lalu Kenapa Manusia Masih Ada yang Berbuat Maksiat?

Selain itu Nabi ﷺ juga berdoa untuk umatnya:

“Ya Allah berkahilah umatku di pagi harinya.”

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat