Tips Menjaga Kesehatan saat Ramadan, agar Tetap Maksimal dalam Beribadah

Tips Menjaga Kesehatan saat Ramadan, agar Tetap Maksimal dalam Beribadah

Hadila.co.id Bulan Ramadan telah tiba, saat yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia, dimana selalu disambut dengan rasa senang dan penuh semangat oleh umat muslim. Bagaimana tidak dalam bulan ini Allah Swt menjanjikan banyak kebaikan di bulan Ramadan. Oleh sebab itu penting bagi kita semua untuk menjaga kesehatan saat Bulan Ramadan.

Diantara janji Allah adalah semua amalan akan dilipat gandakan pahalanya. Selain itu di Bulan Ramadan Allah Swt juga membelenggu setan, menutup semua pintu neraka, dan juga membuka semua pintu surga.

Tak heran semua orang beriman berlomba-lomba untuk melakukan amalan-amalan berpahala di bulan ini, mulai dari berpuasa. memperbaiki salat, menjalankan sunnah-sunnah, hingga berbagi rezeki kepada orang-orang di sekitarnya.

Bulan Ramadan Setan Dibelenggu, Lalu Kenapa Manusia Masih Ada yang Berbuat Maksiat?

Agar dapat memaksimalkan kesempatan yang diberikan Allah Swt di bulan ini kita perlu mengatur kesehatan dan juga menjaga kondisi tubuh, sembari melakukan amalan-amalan berpahala lainnya. Nah kali ini Hadila.co.id akan membagikan tips yang dirangkum dari berbagai sumber, untuk sahabat semua untuk menjaga kesehatan dan kondisi tubuh saat berpuasa:

1. Mengakhirkan Makan Sahur

Mengakhirkan sahur selain dapat membuat Anda kuat menjalani puasa, juga merupakkan sunnah untuk mengakhirkan makan sahur. Waktu yang disunnahkan yakni waktunya tidak lama sebelum terbit fajar atau beberapa menit jelang adzan subuh. Diriwayatkan dari Anas dari Zaid bin Tsabit, bahwasanya dia pernah berkata “Kami pernah makan sahur bersama Nabi. Setelah itu beliau langsung berangkat shalat”. Aku tanyakan: “Berapa lama jarak antara adzan dan sahur?” Dia menjawab,’Kira-kira sama seperti bacaan lima puluh ayat.”

Tips Membangunkan Anak untuk Sahur

Dengan mengakhirkan makan sahur, maka tubuh akan mempunyai kalori yang cukup untuk dibakar menjadi energi sehingga tubuh tidak akan lemas selama Anda berpuasa hingga saat berbuka tiba.

2. Jangan Menghabiskan Waktu dengan Bermalas-malasan

Bermalas-malasan bukan ciri seorang muslim yang baik. Terlebih di saat Bulan Ramadan, jangan sia-siakan bulan yang penuh berkah ini dengan kegiatan yang tidak bermanfaatan. Gunakan waktu Anda untuk melakukan amalan-amalan yang mendatangkan pahala, dan juga bekerja.

Selain itu Anda juga bisa melakukan olahraga ringan agar tubuh tetap sehat dan fit saat berpuasa, kita melakukan kegiatan sosial yang bermanfaat seperti menyiapkan ifthar untuk masjid, berbagi takjil dll.

5 Trik Jitu agar Anak Semangat Puasa

3. Tidur yang Cukup

Beribadah memang baik, namun akan menjadi merugikan diri sendiri jika dilakukan secara berlebihan. Sesuaikan ibadah dengan kondisi tubuh, tubuh juga memerlukan waktu untuk mengembalikan sel-sel otak dan merilekskan otot, Anda dapat memulihkan otot dan otak dengan tidur yang cukup.

Dengan tidur yang cukup, Anda dapat beribadah dengan maksimal dan melakukan aktivitas harian dengan baik. Namun jangan sampai tidur berlebihan, tidur berlebihan justru akan membuat badan Anda lemas. Untuk tidur siang cukup dengan 30 menit sudah mampu mengembalikan tenaga dan memulihkan kondisi Anda.

Sementara itu, untuk malam hari ada baiknya Anda segera tidur selesai menjalankan sholat tarawih, usahakan untuk tidur sesegara mungkin, hindari begadang dengan aktivitas yang kurang berguna.

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat