Jelang Ramadhan, Mari Pahami Puasa Sebagai Salah Satu dari Lima Pilar Agama

Jelang Ramadhan, Mari Pahami Puasa Sebagai Salah Satu dari Lima Pilar Agama

Hadila.co.id Diriwayatkan dari Ibnu Umar RA mengatakan: Rasulullah Saw mengatakan: “Islam dibangun di atas lima (pilar): bersaksi bahwa tidak ada tuhan kecuali Allah dan Muhammad adalah Utusan Allah (syahadat), mendirikan shalat, membayar zakat, haji, dan puasa Ramadhan.HR. Bukhari, 8; Muslim, 16.

Hadits ini menunjukkan bahwa wajibnya bagi seorang muslim untuk puasa Ramadhan, dan itu adalah salah satu pilar dan fundamental terpenting dalam Islam. Allah telah memerintahkannya kepada hamba-Nya dengan kebijaksanaan-Nya dengan alasan-alasan yang baik dan mulia.

Mengutip dari Islamqa.info, Tujuan puasa adalah untuk mengekang keinginan seseorang, dan melepaskan diri dari kebiasaan buruk yang mengendalikan seseorang. Sehingga seseorang akan siap untuk mulai mencari apa yang pada akhirnya akan membawa kebahagiaan, dan memurnikan jiwa untuk hidup di surga-Nya selamanya. Kelaparan dan kehausan dapat mengurangi keinginan-keinginan ini dan selain itu, berpuasa juga memiliki dampaknya yang luar biasa bagi kesehatan seseorang juga, selain itu puasa mengingatkan seseorang akan situasi saudara yang miskin dan kelaparan.

Jangan Bandingan Pasangan Anda dengan yang Lain, karena Ia adalah yang Terbaik

Berpuasa juga mengurangi pengaruh dari hasutan setan pada diri kita, seperti nafsu untuk makanan dan minumannya berkurang. Dengan berpuasa, rasa lapar dan juga haus turut membantu seseorang untuk menghindari tindakan buruk dan juga kemungkaran yang bisa berdampak keburukan bagi dirinya baik di dunia maupun di akhirat.

Bagi seorang muslim berpuasa adalah perisai pejuang, kemudi, dan juga penjaga dirinya dari segala perbuatan yang merugikan.

Berpuasa memiliki efek yang luar biasa dalam menjaga fisik, mental dan spiritual, serta menjaga kita dari melakukan tindakan yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Jangan Bandingan Pasangan Anda dengan yang Lain, karena Ia adalah yang Terbaik

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat