5 Trik Jitu agar Anak Semangat Puasa

5 Trik Jitu agar Anak Semangat Puasa

Hadila.co.id Bagi kita orang dewasa, puasa bisa menjadi hal yang biasa kita lakukan. Namun lain halnya dengan anak-anak. Bagi anak, puasa bisa jadi tantangan tersendiri untuk mereka, apalagi menahan rasa lapar dan haus dari makanan dan minuman favoritnya.

Sebagai orang tua adalah sebuah kewajiban mengenalkan ibadah baik salat, puasa, maupun ibadah lainnya kepada anak-anak. Meski belum secara maksimal, setidaknya anak bisa belajar untuk berpuasa. Apalagi puasa mengajarkan anak agar memiliki pola hidup yang disiplin, sabar, dan mau berbagi. Ayah dan bunda boleh mulai mengenalkan puasa pada anak pada usia empat atau lima tahun. Berikut beberapa trik jitu yang telah dirangkum hadila.co.id dari berbagai sumber yang bisa ayah dan bunda coba agar anak semangat berpuasa

Pertama, beri tahu manfaat puasa. Selain memperkuat keimanan dan mendapatkan pahala, puasa juga menyehatkan tubuh. Ketika anak diberi tahu apa saja manfaat yang di dapat dan apa tujuannya, ia akan termotivasi. Namun orang tua juga tidak boleh terlalu memaksa. Tanamkan pemikiran bahwa puasa adalah hal yang menyenangkan. Lakukan secara bertahap jika anak masih sangat kecil. Ayah dan bunda bisa mulai membiasakan anak berpuasa setengah hari terlebih dahulu, kemudian ajarkan untuk untuk puasa seharian.

Tips Menanamkan Rasa Optimis, agar Anak Tumbuh Menjadi Pribadi yang Berani dan Bahagia

Kedua, buat menu buka puasa yang menyenangkan. Sajikan menu buka puasa yang manis, segar, dan bergizi seimbang agar energi anak lebih cepat kembali. Usahakan untuk tidak langsung mengkonsumsi makanan berat seperti nasi atau menu-menu dengan bumbu pedas, asam, dan berminyak.

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat