Tips Melatih Balita Belajar Disiplin

Tips Melatih Balita Belajar Disiplin

Hadila.co.id Banyak orang tua di zaman sekarang mengalami kesulitan untuk melatih kedisiplinan pada anaknya. Bahkan orang tua terbaik pun kadang juga mengalami hal yang sama untuk buah hati mereka Disiplin.

Bagaimana cara yang tepat untuk orang tua “mendisiplinkan” balita? Beberapa orang tak jarang melakukan kekerasan atau hukuman, tetapi bukan itu yang sedang kita bicarakan. Seperti yang dilihat oleh banyak pakar pengasuhan anak, disiplin adalah tentang menetapkan aturan untuk menghentikan si kecil melakukan perilaku yang agresif (memukul dan menggigit), perilaku berbahaya, dan juga tindakan yang kurang pantas seperti melempar barang atau makanan pada orang lain.

Lalan, Landak Yang Kesepian

Untuk Sahabat Hadila ada beberapa tips melatih kedisiplinan pada si kecil, dengan menerapkan beberapa tips di bawah tentu akan membantu Sahabat Hadila melatih si kecil.

Berikut tips melatih kedisiplinan dilansir Hadila.co.id dari parents.com, Rabu (10/04/2019):

1. Tunjukkan Sikap Anda

“Jika Anda selalu berkata “Jangan” maka si kecil akan cenderung terbiasa dan mengabaikannya,” ujar Pearson, Penulis dari buku ‘The Discipline Miracle’.

Jangan hanya berkata “Jangan” pada anak, tapi juga jelaskan mengapa hal tersebut tidak dibolehkan. Selain itu tentukan batasan-batasan dan konsekuensi yang sesuai apabila anak melanggarnya.

Berkata “Jangan” pada anak hanya akan membuatnya mengabaikan Anda, dari pada berkata “Jangan kotori kamarmu”, lebih baik buat si kecil terbiasa membersihkan kamar dengan mengajaknya untuk membersihkan kamarnya bersama Anda.

Liburan Bernilai Lebih

2. Kenali Penyebab Anak Berperilaku Buruk

Beberapa perilaku buruk dapat dicegah selama Anda dapat mengantisipasi apa yang akan memicu perilaku tersebut dan Anda dapat membuat rencana yang jelas, seperti menyingkirkan benda-benda yang bisa memicu perilaku buruk si kecil.

Jika anak Anda sering mengambil barang di rak toko dan memainkannya saat berbelanja, maka Anda dapat membawa mainan kesukaannya sebelum berbelanja. Berikan mainan itu pada si kecil agar ia tidak tertarik pada barang-barang di rak toko.

3. Lakukan Pencegahan

Beberapa anak bertindak kurang baik ketika mereka lapar, lelah, atau bosan. Jika anak Anda cenderung bahagia dan berenergi di pagi hari tetapi lelah dan kesal setelah makan siang, maka lebih baik ajak anak berbergian atau berkatifitas pada saat ia dalam mood yang baik. Selain itu ajarkan pada si kecil sikap seperti apa yang Anda ingin ia lakukan saat berpergian.

Hak Anak dalam Islam (Bag. 1)

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat