Cara Melatih Otak Bayi, agar Si Kecil Tumbuh Cerdas, Pintar, dan Hebat

Cara Melatih Otak Bayi, agar Si Kecil Tumbuh Cerdas, Pintar, dan Hebat

Hadila.co.id Dari saat kita mengetahui bahwa kita hamil, hampir semua yang kita lakukan adalah untuk kebaikan si jabang bayi. Kita mengubah cara kita makan, mimilih vitamin prenatal yang tepat, berolahraga dan fokus untuk tetap sehat dan fit. Selama 9 bulan lebih, hidup kita adalah tentang menjaga kandungan tetap aman.

Kemudian ia lahir, dan hidup kita berubah dengan beragam hal baru. Pada awalnya kita susah payah memutuskan bagaimana memilih makanan yang baik untuk mereka, bagaimana dan di mana mereka akan tidur. Kita memilih popok apa yang akan mereka pakai dan sabun serta lotion apa yang aman untuk digunakan pada kulit mereka yang lembut.

Perlakukan Anak Sesuai Usianya agar Ia Tumbuh Mandiri dan Percaya Diri

Dan setiap hari, tanpa kita sadari, orangtua turut membantu perkembangan otak kecil si bayi dalam berbagai cara. Itu salah satu tugas paling membuat bingung orangtua bukan? Kita bertanggung jawab untuk membantu otak mereka berkembang dan tumbuh. Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan otak bayi Anda, kegiatan sehari-hari ini dapat memainkan peran besar bagi perkembangan otak anak.

Otak bayi itu benar-benar luar biasa. Otak bayi tidak terprogram untuk apapun (Kecuali bahasa), Otak bayi itu layaknya sebuah kertas kosong. Selama tahun-tahun pertama bayi, mereka akan mengembangkan triliunan koneksi sel otak, yang disebut sinapsis saraf. Kita dapat membantu mengembangkan dan “menyatukan” sinapsis ini setiap hari, dengan kegiatan dan pengalaman sederhana. Ini adalah salah satu pekerjaan paling penting yang kita miliki, tetapi juga bisa menjadi salah satu pekerjaan yang paling menyenangkan dan bermanfaat. Berikut beberapa tips yang telah dirangkum oleh Hadila.co.id dari mommyish.com beberapa cara untuk membantu perkembangan otak anak:

Sering Mengajak Bicara Anak

Bayi mengembangkan keterampilan bahasa dan bicara mereka dengan bantuan orangtuanya. Bantulah mereka untuk berbicara, responlah setiap perkataan dari bayi meskipun Anda kurang paham dengan apa yang dikatakan dan diinginkannya.

Menjadi Ibu Tangguh untuk Mencetak Generasi yang Lebih Baik

Bantu otak si kecil untuk berkembang dengan sering-sering mengajaknya berbicara. Berbicaralah dengan nada yang gembira dan menyenangkan, selain itu Anda juga bisa mengeja kata dengan mengucapkannya persuku kata. Hal ini dapat lebih mudah untuk melekat di ingatan bayi. Setiap perbincangan Anda dengan bayi dapat membantu mereka mengembangkan kemampuan untuk berbicara dan keterampilan mereka.

Merespon Ketertarikan Anak Terhadap Suatu Obyek

Ketika bayi Anda menunjuk sesuatu, ikutilah pentunjuk dari tangan mereka dengan mata Anda dan jelaskan apa pun yang mereka tunjuk. Ini menunjukkan bahwa Anda tertarik pada apa yang mereka minati, dan menunjukkan bahwa minat mereka penting.

Paham Kepada Takdir Allah, Kunci Membentuk Anak Jadi Pribadi yang Beriman dan Percaya Diri

Berikan Ruang agar Bayi Dapat Bergerak Bebas

Pembelajaran spasial sangat penting bagi otak yang sedang berkembang, dan bayi Anda akan mulai memahami parameter spasial dengan memiliki kebebasan untuk bereksplorasi. Mungkin sedikit mengkhawatirkan membiarkan mereka bergerak bebas, atasi kecemasan Anda dengan tetap di dekatnya saat ia mengeksplorasi seluruh ruangan.

Jaga Pola Makan dan Tidurnya

Kenali makanan yang dimakan bayi Anda, dan tunjukkan kegembiraan dan kesenangan ketika bayi Anda belajar untuk mulai makan sendiri. Bersikap positif pula saat waktu tidur siang dan waktu tidur malamnya datang. Jika Anda menunjukkan sikap positif saat kegiatan yang cukup sulit seperti di atas, itu akan menciptakan kesan yang positif pula di otak mereka.

Anak Mulai Kenal dengan Pacaran, Berikan Pemahaman Ini pada Anak Anda

Menyanyikan Lagu untuk Anak

Bernyanyi untuk bayi adalah cara yang menyenangkan dan sederhana untuk meningkatkan kemampuan otak bayi. Lagu-lagu yang Anda nyanyikan dapat membantu mengembangkan ritme dan pola bahasa bayi Anda. Dan dengan memilih lagu yang disertai gerakan tangan, Anda membantu bayi Anda mengintegrasikan suara dengan keterampilan motorik.

Pijat Tubuhnya untuk Mengembangkan Aspek Emosionalnya

Sentuhan penuh kasih dan lembut yang dirasakan bayi ketika ibu atau ayah memijat mereka dapat membantu mengurangi stres dan membantu membangun perasaan aman secara emosional di dalam diri mereka. Pijat juga dapat membantu bayi kecil Anda tumbuh dan menjadi lebih kuat. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa bayi prematur yang dipijat tiga kali sehari lebih cepat pulih dan sehat daripada bayi yang tidak dipijat.

Tips Melatih Balita agar Berhenti Ngompol

Membacakan Buku Cerita

Mengembangkan bahasa reseptif bayi (memahami kata-kata yang diucapkan) lebih penting untuk bayi daripada mengembangkan bahasa ekspresif mereka, dan membacakan buku untuk bayi adalah cara yang bagus untuk mulai membangun keterampilan itu. Mulailah dengan buku-buku dengan gambar besar dan penuh warna serta kata-kata dan permainan kata yang mudah dan berulang-ulang, dan selalu bacakan dengan ekspresif.

Untuk itu penting bagi orangtua memilihkan bahan bacaan yang baik dan menyenangkan untuk si kecil. Salah satu bacaan yang menyenangkan dan baik bagi anak adalah Majalah Cilukba dan Majalah Cilukba Junior, keduannya adalah pilihan majalah yang tepat bagi si kecil yang masih tumbuh dan masih mudah untuk dibentuk karakternya.

Majalah Cilukba dan Cilukba Junior adalah majalah yang menyenangkan dan edukatif bagi si kecil. Selain terdapat cerita-cerita yang menarik dan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh si kecil, Majalah Cilukba dan Cilukba Junior juga memiliki rubrik yang dapat merangsang motorik si kecil, seperti rubrik mewarnai dll.

Selain menarik dan edukatif, Majalah Cilukba dan Cilukba Junior juga dapat membantu Anda untuk membentuk si kecil tumbuh menjadi pribadi yang Islami.

Hari Bumi Sedunia, Mari Ajarkan Anak 4 Hal Ini agar Lebih Mencintai Bumi

Berikan Perhatian dan Fokus yang Utuh

Mungkin ini agak sulit bagi kedua orangtua, yakni untuk memberi anak perhatian penuh dan tidak terbagi sepanjang waktu. Dan mungkin akan bertambah sulit, terutama jika Anda memiliki anak lain di rumah. Tetapi ketika Anda bersama si kecil, memberi mereka fokus dan perhatian secara utuh akan membantu mereka terikat pada Anda secara emosional dan membuat mereka merasa aman.

Pilih Mainan yang Tepat untuknya

Tidak semua mainan bayi diciptakan sama, dan sejujurnya, bayi Anda tidak membutuhkan banyak mainan untuk meningkatkan kemampuan otaknya. Cari mainan yang memungkinkan bayi Anda menjelajah dan berinteraksi. Mainan seperti balok penyusun bagus untuk mengembangkan pelajaran yang disebut “jika-maka”. Jika bayi Anda meletakkan balok besar di balok kecil, apa yang terjadi? Itu jatuh. Tetapi pada saat mereka menempatkan balok kecil di balok besar itu tidak akan jatuh, otak mereka yang berkembang belajar mengenai hal itu.

Hak Anak dalam Islam (Bag. 2)

Tunjukan Cinta dan Kasih Sayang padanya

Ekspresi wajah, bahasa tubuh, perhatian, bahasa yang digunakan, dan sentuhan Anda semuanya menunjukkan pada bayi Anda sifat yang menyenangkan, dan sekali lagi, memberi mereka rasa aman secara emosional adalah bagian besar dari perkembangan otak yang sehat, dan perkembangan emosi yang sehat juga.

<Bachtiar>

Berita Lainnya

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos