Hari Bumi Sedunia, Mari Ajarkan Anak 4 Hal Ini agar Lebih Mencintai Bumi

Hari Bumi Sedunia, Mari Ajarkan Anak 4 Hal Ini agar Lebih Mencintai Bumi

Hadila.co.id 22 April diperingati sebagai Hari Bumi Sedunia, banyak cara untuk memperingati Hari Bumi Sedunia ini. Mulai dari mengurangi pemakaian plastik, melakukan penanaman pohon, penghijauan hutan kembali, hingga melakukan aksi sosial dengan membersihkan tempat-tempat wisata.

Hari Bumi Sedunia ini, juga dapat menjadi pengingat dan cambuk bagi kita untuk lebih menyayangi bumi. Tak hanya bagi diri kita sendiri, namun rasa mencintai bumi dan lingkungan juga harus kita turunkan pada anak dan cucu kita.

Rasa cinta dengan bumi dan lingkungan perlu diturunkan pada anak dan cucu kita agar bumi ini tetap lestari hingga generasi kedepan. Nah berikut beberapa tips untuk mengajarkan anak kita untuk mencintai lingkungan yang telah dikumpulkan hadila.co.id dari beberapa sumber:

Kenalkan Anak pada Bumi dan Lingkungan

Hal pertama yang harus diajarkan pada anak agar ia mencintai lingkungan, adalah dengan mengenalkannya pada alam. Lakukan hal di atas dengan mengenalkannya dan sering mengajaknya ke alam terbuka.

Ajarkan pada anak mengenai pentingnya alam bagi kehidupan manusia, dan ajarkan pula dampak yang akan timbul pada alam jika kita tidak merawatnya.

Berikan pemahaman pada anak mengenai konsekuensi, ajarkan anak pada apa yang akan diterima atas semua tindakannya pada alam. Tunjukkan pada anak mengenai kerusakan lingkungan, kerusakan yang disebabkan oleh manusia seperti pencemaran air laut, penebangan hutan, dll.

Konsep Kompetisi Ramah Anak, Kompetisi untuk Bersenang-senang

Ajarkan Konsep Reduce, Reuse, Recycle

Kenalkan konsep mengurangi (reduce), memakai kembali (reuse), dan mendaur ulang (recycle). ketiga konsep di atas adalah hal dasar yang perlu orangtua ajarkan pada anak untuk mencintai alam.

Dengan mengajarkan ketiga konsep di atas, anak akan belajar untuk mengurangi sampah yang mungkin ia hasilkan. Selain itu anak juga akan menjadi lebih kreatif untuk berfikir, dan memanfaatkan barang-barang di sekitarnya. Ajarkan pada anak untuk mengurangi jumlah sampah yang ia hasilkan seperti tidak menggunakan sedotan, mengganti plastik dengan tas, dll.

Ajarkan pula anak untuk reuse dengan menggunakan sisi kertas yang masih kosong untuk digunakan, daripada harus memakai kertas baru. Selain itu ajarkan anak untuk mendaur ulang barang-barang di sekitarnya, seperti mengolah botol bekas menjadi pot, tempat pensil atau barang-barang lain.

Buang Sampah Pada Tempatnya

Biasakan anak untuk membuang sampah pada tempatnya. Untuk mengajarkannya Anda perlu melatih diri Anda sendiri untuk membuang sampah pada tempatnya terlebih dahulu. Langkah selanjutnya adalah mengajak anak ketika Anda ingin membuat sampah, ia akan melihat secara langsung orangtuanya yang selalu membuang sampah pada tempatnya, lama kelamaan ia akan mengikuti kebiasaan Anda sekaligus menjadi kebiasaanya juga.

Selain itu jelaskan dampak apabila sampah tidak dibuang ditempatnya, sampah tersebut akan mengotori lingkungan, menyumbat selokan, menyembabkan banjir dan juga akan berakhir dengan menyebabkan polusi di laut.

4 Langkah Melatih Anak Gemar Membaca

Ajarkan Anak untuk Menghemat Listrik

Ajari anak untuk berhemat listrik, selalu ingatkan anak untuk mematikan tv apabila sudah tidak dilihat, minta ia untuk mematikan lampu kamarnya, ajarkan pentingnya untuk menghemat listrik.

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat