Anak Susah Fokus, Begini Cara Orangtua Menanganinya

Anak Susah Fokus, Begini Cara Orangtua Menanganinya

Hadila.co.id – anak usia dini mengalami masa keemasan (golden years), yaitu masa peka untuk menerima berbagai macam rangsangan. Masa terjadinya kematangan fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi yang diberikan lingkungan sekitarnya. Di masa anak serba belajar dan memahami ini, tak jarang anak susah fokus.

Masa peka setiap anak berbeda seiring laju pertumbuhan dan perkembangannya. Sementara aspek-aspek yang diharapkan berkembang pada anak adalah kemampuan kognitif, motorik, bahasa, sosio emosional, agama dan moral, dan sering kali hal di atas menjadi terhambat lantran anak susah fokus.

Melatih Kedisiplinan Si Kecil dengan Mengajarkan Anak Salat 5 Waktu

Jika dirunut tahapan perkembangan psikologi dilihat dari usia ananda, merupakan usia kanak-kanak awal. Menurut Hurluck, secara umum terdapat beberapa ciri yaitu;

Pertama, usia yang menyulitkan bagi sebagian orangtua. Artinya perilaku anak rentan menimbulkan “perkara”, keras kepala, tidak menurut bahkan melawan. Lainnya beranggapan usia ini merupakan masa bermain.

Bermain merupakan bagian yang penting dalam kehidupan anak, makanya sebagian besar waktu anak dihabiskan untuk bermain.

Peran Kakek dan Nenek dalam Mengajari Nilai Kehidupan pada Anak

Kedua, usia pra sekolah, bukan usia anak sekolah bagi pendidik. Jadi pola pendidikannya tidak sama dengan usia anak sekolah  yang relatif lebih matang (segi usia), kemampuannya pun lebih beragam.

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat