5 Langkah Menyiapkan Anak di Masa Prasekolah

5 Langkah Menyiapkan Anak di Masa Prasekolah

Hadila.co.id Diantara pengalaman unik bagi sebuah keluarga adalah masa-masa dimana anak hendak hari pertamanya bersekolah (Prasekolah). Bukan hanya untuk anak tapi pengalaman unik ini juga akan dirasakan oleh orangtuanya.

Hal ini menjadi unik bagi anak karena ia akan bertransisi dari lingkungan yang belum terstruktur ke lingkungan yang tersetruktur dengan peraturan-peraturan yang ada disekolah barunya.

Sementara bagi orangtua pengalaman mempersiapkan buah hati untuk memasuki sekolah akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Oleh karena itu perlu bagi orangtua untuk mempersiapkan anak sebelum hari pertama mereka masuk ke sekolah, berikut tips untuk ayah dan bunda mempersiapkan si kecil di masa prasekolah dilansir hadila.co.id dari pampers.com, Kamis (11/04/2019):

1. Biasakan Anak untuk Belajar

Biasakan anak untuk belajar dalam kesehariannya sebelum ia mulai memasukki masa-masa sekolah, belajar tak melulu soal duduk di atas meja dan membaca buku atau mengerjakan sesuatu. Namun belajar juga bisa dilakukan di dalam mobil selama perjalanan, atau di tempat lain.

Liburan, Sarana Bagi Pendidikan Karakter

Orangtua bisa menanyakan mengenai hal-hal yang ia temui ketika berpergian, seperti nama benda yang ia lihat, warna, bentuk atau yang lainnya. Hal ini bisa membiasakan si kecil untuk belajar hal baru, ia juga akan terbiasa ketika ditanya oleh gurunya atau teman-temannya di sekolah.

2. Biasakan Anak untuk Membaca

Membiasakan anak untuk membaca akan sangat membantu si kecil saat mulai bersekolah, ia akan menjadi pribadi yang selalu penasaran dan senang membaca saat disekolah.

Melatih kebiasaan anak untuk membaca bisa dengan mengajaknya ke perpustakaan kota yang ada di kota Anda. Mulai lah dengan membacakan kisah-kisah bergambar.  Berada di lingkungan yang positif ini adalah cara yang bagus untuk menanam benih membaca dan mendorong anak-anak untuk terhubung dengan buku dan permainan, yang akan menjadi bagian besar dari pengalaman prasekolah mereka.

Jangan Lupa Nasihat Orang Tua

3. Mengatur Playdates

Playdates atau acara bermain bersama antara dua anak atau lebih, juga dapat membantu anak sebelum dia memasuki masa sekolah.

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat