Jangan ‘Merasa Paling’, karena Kita Hanya Makhluk Allah

Jangan ‘Merasa Paling’, karena Kita Hanya Makhluk Allah

Hadila.co.id Di antara hikmah Ramadhan adalah yarmidhudz dzunuub (membakar dosa-dosa). Kesalahan dan dosa yang mesti kita bertaubat darinya adalah “merasa paling”. “Merasa paling suci,” adalah sebuah kesalahan pertama sebab yang diperintah adalah mensucikan diri bukan merasa paling suci.

Wallahu yuhibbul muththahhiriin adalah kesalahan selanjutnya, kesalahan “merasa paling tahu,” sebab yang diperintahkan adalah belajar bukan merasa paling tahu dan paling pintar.

Selanjutnya adalah fa’lam annahu laa ilaaha illallah, Kesalahan “merasa paling benar,” sebab yang diperintah adalah mengikuti kebenaran dan hidup bersama orang-orang benar.

Pensiunan Tak Menjadi Hambatan Berkarya bagi Seorang Muslim

wa kuunuu ma’ash shaadiqiin, Kesalahan “merasa paling sunnah”, sebab yang diperintahkan adalah meneladani Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pada semua sisi kehidupan, bukan hanya pada peribadatan saja.

Selanjutnya adalah Laqad kaana lakum fi rasuulillahi uswatun hasanah, Kesalahan ini adalah “merasa hebat dan kuat”, sebab kekuatan itu milik hanya milik Allah, selayaknya kita sebagai hamba merasa orang yang lemah yang selalu membutuhkan pertolongan Allah.

Meneladani Cara Nabi Mendidik agar Anak Menjadi Pribadi yang Sukses dan Beriman

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat