Hukum Berbekam, Donor Darah, dan Cabut Gigi saat Berpuasa

Hukum Berbekam, Donor Darah, dan Cabut Gigi saat Berpuasa

Hadila.co.id Berbekam adalah sunnah Rasulullah Saw yang beliau anjurkan sejak zaman nabi sebagai media pengobatan. Selain mendapat pahala berbekam juga baik untuk kesehatan kita. Hal ini lantaran bekam adalah proses pengeluaran darah kotor yang berpotensi menjadi penyebab penyakit di tubuh kita.

Selain bekam, ada juga proses pengeluaran darah dari tubuh kita yang biasa kita kenal sebagai donor darah. Donor darah berbeda dari bekam, donor darah adalah proses mengambil darah dari dalam tubuh untuk kemudian di berikan kepada orang lain, atau disimpan untuk didonorkan di kemudian hari.

Keluar Air Mani Sendiri dan Tanpa Syahwat, Membatalkan Puasa atau Tidak?

Lantas bagaimana hukum bekam dan donor darah saat berpuasa? banyak orang ingin melakukan bekam ataupun donor darah di Bulan Ramadan namun takut puasanya tidak diterima oleh Allah Swt. Lalu bagaimana sebenarnya Islam menyikapi bekam, donor darah atau kegiatan medis yang memungkinkan kita untuk mengeluarkan darah dari dalam tubuh seperti cabut gigi, pengambilan sampel darah dll?

Berikut jawaban dari Ustaz Farid Nu’man,

Tidak apa-apa jika tidak sampai melemahkan badan, dan tidak pula darah itu tertelan bagi yang cabut gigi. Madzhab Hambali tidak membolehkan tapi dalil yang lebih kuat adalah boleh.

Tidur Setelah Sholat Subuh, Haram Makruh atau Mubah?

Dalilnya:

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat