Orang tua Wajib Tau! Cara Mengetahui Bullying yang Terjadi pada Anak dan Penanganannya

Orang tua Wajib Tau! Cara Mengetahui Bullying yang Terjadi pada Anak dan Penanganannya

hadila.co.id – Mencegah dan menangani tindakan perundungan atau bullying adalah hal harus dilakukan oleh setiap orang, terutama para guru dan orangtua. Hal ini karena tindakan tersebut adalah sebuah tindak kekerasan yang dapat berdampak panjang bagi korbannya. Bullying dapat berdampak pada fisik, psikologis, sosial, dan pendidikan korbannya. Sebagai orang tua, penting untuk memahami perilaku tidak terpuji tersebut sehingga Anda dapat merespons secara efektif dan tepat, serta mengajari anak-anak Anda untuk melakukan hal yang sama.

Kenapa sering terjadi kasus perundungan di kalangan anak dan remaja? Kasus ini sering terjadi karena pelakunya ingin merasa penting dan populer diantara teman-temannya. Selain itu pelaku bullying juga ingin mengendalikan sekitarnya dengan menimbulkan rasa tidak aman diantara rekan-rekannya.

Tips Mengatasi Anak Sulit fokus saat Belajar

Alasan lain adalah karena faktor psikologis pelaku yang tidak bisa mengendalikan amarah, pernah merasa sakit hati ataupun adanya rasa frustasi. Ada juga kasus bullying yang terjadi karena pelakunya sering melihat orang lain diganggu.

Mengutip dari thefamilyconservancy.org. Jenis-jenis bullying yang terjadi di kalangan masyarakat pun juga beragam. Mulai dari bullying emosional, cyberbullying, verbal, fisik, seksual.

Sementara itu, kelima jenis bullying tersebut juga terbagi menjadi beberapa lagi. Seperti emosional yang bisa berupa mengabaikan, mengisolasi atau terlihat bermusuhan dengan korbannya. Ada juga cyberbullying yaitu bentuk bullying yang terjadi di dunia maya seperti mengirim pesan tidak pantas, mengolok-olok foto seseorang, atau berkomentar yang tidak pantas.

Cara Melatih Otak Bayi, agar Si Kecil Tumbuh Cerdas, Pintar, dan Hebat

Di sisi lain ada juga perundungan dalam bentuk verbal seperti mengolok-olok, memberikan sebutan yang kurang baik, hingga menyebarkan isu yang tidak benar terhadap korban. Sementara itu dalam bentuk fisik bisa berupa mendorong, menggigit, memukul, hingga mencuri atau menghancurkan barang seseorang. Dan yang paling parah adalah bullying secara seksual seperti sentuhan yang tidak pantas, menghina bentuk fisik, bahkan menyebar fitnah mengenai perilaku seksual seseorang.

Oleh sebab itu penting bagi orangtua untuk dapat mengenali tanda-tanda seorang anak menerima bullying. Diantara tanda-tandanya adalah perubahan suasana hati anak, penurunan nilai di sekolah, nafsu makan yang berkurang, kebiasaan tidur anak yang berubah, dan hubungannya dengan teman sekelas yang tidak baik.

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat