Melatih Anak Makan Sendiri

Melatih Anak Makan Sendiri

Kedua, cari tahu alasan anak belum mau makan sendiri. Karena yang telah disebutkan di atas, atau karena yang lain. Misal, anak memang sulit makan sehingga harus dibujuk dan disuapi agar mau makan. Jika begitu, atasi dengan cara kurangi porsi minum susu/minuman manis dan ngemil snack menjelang makan. Serta sediakan variasi lauk dan sayur yang disukai anak setiap harinya.

Ketiga, sediakan waktu khusus untuk mendampingi anak makan sendiri. Misal di saat sore, bujuk anak agar makan sendiri karena malu dengan orang-orang di sekitar. Kecuali jika darurat, misal di pagi saat anak terburu-buru berangkat sekolah. Dan, tetap sampaikan bahwa seharusnya kita makan sendiri.

Keempat, bila perlu sampaikan pesan kepada gurunya.  Komunikasikan kepada guru di sekolah (tanpa sepengetahuan anak) tentang kondisinya agar anak diarahkan untuk mencoba makan sendiri di rumah.

Kelima, beri pujian bila anak berkemauan makan sendiri. Memuji lalu memberi hadiah jika dia sudah mampu melakukannya secara rutin. Sampaikan hadiah itu diberikan karena anak sudah mencoba mandiri. Terakhir, lakukan secara rutin dan berkelanjutan.<Majalah Hadila Edisi Februari 2016. Tema ‘Jodoh Pasti Bertamu’>

Editor: Fitria Julestri

Admin Hadila
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat