Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh dan Mental Seseorang

Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh dan Mental Seseorang

Hadila.co.id Bulan Ramadan menjadi bulan yang penuh berkah bagi umat muslim yang beriman, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Bagaimana tidak dengan menjalankan puasa, selain mendapat keberkahan dan pahala kita juga mendapat berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Selain diperintahkan untuk berpuasa dan menahan nafsu, kita juga diperintahkan untuk menahan semua godaan yang ada. Saat Bulan Ramadan, puasa selain mendapat pahala yang dapat membantu kita di akhirat kelak, puasa juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Makanan Nikmat dan Menyehatkan Favorit Rasulullah saat Berbuka Puasa

Bagaimana tidak, dengan berpuasa tubuh tidak mendapat asupan makanan kurang lebih selama 12 jam. Dalam waktu tersebut tentu kita dapat menggunakan puasa sebagai bentuk diet untuk mencapai berat badan ideal. Selain dapat menurunkan berat badan, puasa juga memiliki berbagai manfaat bagi tubuh kita.

Berikut beberapa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh dan mental kita yang telah dirangkum hadila.co.id dari berbagai sumber:

1. Ampuh Menurunkan Berat Badan

Ketika puasa di bulan ramadan, tubuh kita tidak mendapat asupan makanan maupun minuman selama kurang lebih 12 jam. Hal ini terus menerus dilakukan selama sekitar 30 hari.

Safar yang Diperbolehkan untuk Tidak Puasa saat Ramadan

Selama 12 jam tersebut setelah makanan dan minuman terakhir yang masuk ke dalam tubuh diolah menjadi tenaga untuk beraktivitas.

Setelah asupan kalori yang masuk selama sahur dibakar menjadi tenaga, kemudian tubuh mengolah lemak sebagai tambahan tenaga.

Oleh karena itu puasa sangat ampuh bagi Anda yang ingin menurunkan dan mendapatkan berat badan yang ideal saat lebaran nanti.

Hadist Dhaif Keutamaan Bulan Ramadan, Popular tapi Munkar

2. Menghilangkan racun di dalam tubuh dan mengurangi resiko penyakit

Hal ini berkaitan dengan poin di atas, ketika lemak dibakar oleh tubuh menjadi tenaga, secara tidak langsung racun-racun yang mengendap juga turut diolah bersama lemak.

Proses detoksifikasi selama puasa ini juga dapat menurunkan tingkat resiko terkena penyakit jantung, darah tinggi, kolesterol, dan penyakit berbahaya lainnya.

Tips Puasa untuk Penderita Tekanan Darah Rendah

3. Membantu Menghilangkan Kecanduan

Momen Ramadan menjadi momentum yang tepat bagi Anda semua yang ingin menghilangkan kecanduan terhadap jenis makanan atau minuman tertentu.

Kecanduan terhadap makanan dan minuman seperti kopi, makanan manis, atau cemilan-cemilan lainnya bisa Anda hilangkan dengan niat yang kuat dan momen yang tepat.

Bagi para perokok jadikan Bulan Ramadan sebagai waktu yang tepat bagi Anda untuk dari kebiasaan buruk tersebut.

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat