Cara Mudah Melatih Anak Pandai Membaca Tanpa Harus Mengeja

Cara Mudah Melatih Anak Pandai Membaca Tanpa Harus Mengeja

Hadila.co.id – Kemampuan membaca adalah kemampuan dasar yang penting bagi setiap orang. Oleh sebab itu, kemampuan membaca harus dimiliki oleh setiap orang dan dipelajari sedini mungkin. Bagi orangtua, tak perlu menunggu anak duduk di bangku sekolah untuk mulai mengajarinya membaca.

Kita bisa mengajari anak untuk membaca saat ia mulai memahami dan menunjukkan ketertarikan pada bahan bacaan atau kata-kata sederhana yang ada disekitarnya. Umumnya anak sudah mulai bisa diajari membaca saat menginjak usia 4 tahun.

Mengontrol Keinginan Anak, Mendidiknya Menjadi Anak yang Mampu Menerima Keadaan

Salah satu cara membaca adalah dengan mengeja, namun mengeja terkesan memakan waktu, dan membuat anak tergantung dengan mengeja saat membaca sesuatu. Mengeja bukanlah hal yang wajib saat ingin mengajarkan anak membaca. Para orangtua dapat mengajarkan anak lancar membaca tanpa harus mengeja tiap katanya.

Berikut beberapa langkah yang bisa orangtua lakukan untuk mengajari anak membaca tanpa mengeja, yang telah dikumpulkan Hadila.co.id dari berbagai sumber:

Mulai dengan Memperkenalkan Huruf dengan Cara yang Menarik

Langkah pertama dari mengajarkan anak tanpa mengeja adalah mengenalkannya dengan huruf dengan cara yang menyenangkan bagi si kecil. Perkenalkan pada anak 26 huruf dari A-Z dengan cara yang unik dan mudah diingat olehnya.

Anda dapat mengajarkannya huruf dengan merangsang dengan bentuk tiap huruf, ajarkan pada si kecil sampai ia paham dan hafal setiap hurufnya.

Orangtua Wajib Tau! Cara Mengetahui Bullying yang Terjadi pada Anak dan Penanganannya

Ajari Anak Menggabungkan Huruf Menjadi Suku Kata

Setelah anak mengenal huruf dari A-Z, langkah selanjutnya adalah kenalkan si kecil dengan suku kata. Ajarkan si kecil bagaimana mengucapkan apabila huruf konsonan digabungkan dengan huruf vokal.

Latih si kecil mulai dari ba,bi,bu,be,bo, hingga za,zi,zu,ze,zo. Rutinkan hal ini sampai si kecil terbiasa dan tidak asing dengan setiap suku kata.

Tips Mengatasi Anak Sulit fokus saat Belajar

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat