5 Cara Agar Anak Suka Membaca Buku, Nomor 3 Ampuh Banget!

5 Cara Agar Anak Suka Membaca Buku, Nomor 3 Ampuh Banget!
Sumber gambar: dreamstime.com

Hadila.co.id — Memiliki putra-putri yang gemar membaca pasti menjadi keinginan banyak orang tua. Namun, kenyataan yang terjadi saat ini, justru banyak anak usia belia yang lebih senang bermain dengan gadgetnya. Entah main game, menonton video, atau berselancar di media sosial.

Sesekali, bermain ponsel dalam batas waktu yang wajar memang tidak masalah. Namun, hal tersebut harus senantiasa diimbangi dengan aktivitas bermanfaat lainnya yang mampu merangsang daya kreativitas anak-anak. Salah satunya dengan membaca.

Membaca merupakan aktivitas yang dapat memberikan banyak manfaat kepada anak. Tidak hanya untuk saat ini, tetapi kegemaran membaca bisa menjadi bekal yang baik untuk masa depan. Oleh sebab itu, sebagai orang tua perlu mendorong putra-putri kita semua untuk gemar membaca, khususnya membaca buku. Nah, berikut ini Hadila bagikan tips jitu cara agar anak suka membaca buku.

1. Berikan contoh dengan melakukan aktivitas membaca di depan mereka

Agar anak suka membaca buku, hal pertama yang bisa dilakukan adalah memberikan contoh atau keteladanan. Omong kosong jika kita meminta anak gemar membaca buku, tetapi kita sendiri sebagai orang tua tidak gemar membaca.

BACA JUGA: Tips Agar Anak Berbakti Kepada Orang Tua

Kita tentu tahu bahwa anak adalah seorang peniru ulung. Oleh sebab itu, jika kita ingin anak suka membaca buku, maka berikan contoh pada mereka dengan melakukan aktivitas membaca buku saat berkumpul dengan anak-anak. Lama-lama, anak akan tertarik untuk mengikuti apa yang kita lakukan.

2. Berikan hadiah atau penghargaan kepada anak saat mereka mulai rajin membaca

Selain peniru ulung, anak-anak sangat senang jika mendapatkan hadiah. Oleh sebab itu, hal ini dapat dimanfaatkan ketika kita ingin anak suka membaca buku. Berikan hadiah atau penghargaan kepada mereka yang telah mulai membaca satu buah buku, misalnya.

Tidak harus hadiah yang terlalu berlebihan, kita bisa mengajak anak yang sudah menyelesaikan satu buku jalan-jalan ke toko buku untuk membeli buku baru. Atau mengajak mereka membeli makanan favorit.

Seiring berjalannya waktu, tambah terus tantangan membaca pada anak. Dari satu buku, dua buku, tiga buku, dan seterausnya. Tambah pula kualitas hadiah bagi mereka. Lama kelamaan, hal ini bisa menjadi suatu kebiasaan yang baik bagi anak. Ia akan lebih senang membaca buku.

3. Sediakan buku bacaan yang menarik untuk anak

Berita Lainnya

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat