Tiga Langkah Atasi Anak Sulit Tidur

Tiga Langkah Atasi Anak Sulit Tidur

Hadila.co.id Seringkali beberapa orangtua mengalami kesulitan di malam hari karena anak mereka susah untuk tertidur. Hal ini membuat orangtua harus begadang dan juga membuat pola tidur anak menjadi tidak teratur.

Anak sulit tidur bisa disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya tidur siang yang terlalu lama, anak yang energik, atau masa peralihan anak, dll.

Oleh sebab itu penting bagi orangtua mengetahui penyebab-penyebab anak sulit tidur dan juga cara menanganinya, berikut tips bagi orangtua untuk menangani permasalahan tersebut, dilansir Hadila.co.id dari alphamom.com Senin (15/04/2019):

Temukan Letak Permasalahannya

Mari kita mundur dan melihat sejenak, apakah kita dapat memecahkan masalah ini dengan pendekatan yang benar. Apakah ada perubahan besar dalam hidupnya baru-baru ini? Apakah dia mulai prasekolah atau mengalami perubahan dengan pengasuhnya? Apakah Anda atau pasangan Anda melakukan perjalanan bisnis atau mengubah rutinitas harian Anda dengan cara tertentu? Terkadang perilaku ini merupakan bagian dari periode penyesuaian anak terhadap perubahan yang tidak terkait dengan tidur dalam hidup mereka, dan masalahnya akan berlalu dengan sendirinya pada waktunya. (Asalkan Anda tetap konsisten dan tidak membiarkannya menonton TV atau bermain hingga larut malam, tertidur di depan TV, memakan camilan setiap malam, dll.)

Memahami Kesehatan Mental Anak-Anak

Perhatikan juga, apakah dia masih tidur siang hari? Bangun tidur lebih lambat di pagi hari daripada sebelumnya? Apakah dia secara konsisten mendapatkan beberapa jam bermain (di taman bermain, halaman, dll.) Beberapa hal di atas juga dapat membuat anak sulit tertidur di malam hari seperti tidur siang yang panjang dapat membuat anak memiliki energi yang lebih sehingga pada malam hari ia belum merasa lelah dan mengantuk. Hal yang sama juga berlaku jika anak tidak mendapat jam bermain tentu saja ia akan memiliki energi lebih yang seharusnya ia habiskan dengan bermain.

Sesuaikan Jumlah Jam Tidur Dan Aktivitas Fisik Anak Anda

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat