Pria Wajib Sadari dan Lakukan Hal Ini saat Tergoda dengan Wanita Lain

Pria Wajib Sadari dan Lakukan Hal Ini saat Tergoda dengan Wanita Lain

Hadila.co.id Matan hadis ini diriwayatkan oleh Muslim dalam Shahih-nya. Terdapat dalam Kitab An-Nikaah, Bab Nadb Man Raaa Imratan Fawaqa’at Fi Nafsihi … 1403. Ia juga terdapat dalam Musnad Imam Ahmad. Tepatnya, dalam Musnad Jabir bin Abdillah: 14744. Mengenai pria apabila tergoda dengan wanita lain.

إِذَا أَحَدُكُمْ أَعْجَبَتْهُ الْمَرْأَةُ فَوَقَعَتْ فِي قَلْبِهِ فَلْيَعْمِدْ إِلَى امْرَأَتِهِ فَلْيُوَاقِعْهَا فَإِنَّ ذَلِكَ يَرُدُّ مَا فِي نَفْسِهِ

 

Apabila salah seorang dari kalian tertarik kepada wanita dan menimbulkan gejolak dalam hatinya, hendaknya ia sengaja pulang kepada istrinya dan menumpahkan hasratnya kepadanya. Sungguh yang demikian itu dapat menenteramkan gejolak hatinya.”

Kandungan utama dari hadis ini ialah tentang apa yang seharusnya dilakukan seorang suami ketika tergoda wanita lain. Saat hal itu terjadi, ia harus segera pulang menemui istrinya dan menuntaskan hasrat kepadanya.

Penyebab Kita Tidak Puas dan Mudah Iri pada Rumah Tangga Orang Lain

Ini pula yang pernah dilakukan Rasulullah Saw sebagai teladan dalam keluhuran budi. Istri beliau pun sukses memerankan perannya. Diriwayatkan oleh Muslim, dalam Shahih-nya, bahwa beliau pernah melihat seorang wanita. Lalu beliau datang kepada isterinya, Zainab, yang sedang menyamak kulit. Kemudian beliau menuntaskan hasratnya.

Beliau bersabda, “Sesungguhnya wanita itu datang dan pergi (menggoda) bagaikan setan. Bila salah satu dari kalian melihat seorang wanita, hendaklah ia mendatangi istrinya. Sungguh yang demikian itu dapat menenteramkan gejolak hatinya.”

Tips Menjadi Lelaki Terbaik untuk Keluarga

Godaan Wanita

Hadis ini memastikan bahwa lelaki yang sudah beristri ternyata juga berpotensi tertarik kepada wanita (lain). Pada tingkatan tertentu, ketertarikan ini dapat menimbulkan gejolak kejiwaan berupa syahwat seksual. Hasrat ini, sebagaimana hajat insani lainnya, seyogyanya bisa terpenuhi. Tersalurkan secara halal. Kalau tidak, harus bisa diredam.

Pada prinsipnya, ketertarikan dan kecintaan kepada wanita merupakan hal yang normal sebagaimana disampaikan oleh Allah Swt dalam firman-Nya, “Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, berupa wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).” [Q.S. Ali Imran (3): 14].

Tak Ada Istilah Jodoh yang Tertukar dalam Islam

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat