Mendidik Anak di Era Digital

Mendidik Anak di Era Digital

Oleh : Siti Faizah (Ketua PP Salimah)

Hadila.co.id – Di era digital, banyak orang tua yang menanyakan pola pendekatan yang tepat terhadap anak. Seakan terjadi gap antara masa orang tua dengan masa anak.  Di mana kondisi anak lebih agresif dan lebih cekatan berbicara perkembangan informasi, konten media yang memang tidak selalu positif bahkan cenderung negatif. Apalagi bagi anak atau pengguna yang tidak memahami bagaimana berinteraksi secara positif dengan memanfaatkan media sebagai sarana kebaikan. Tidak sedikit bahaya akibat candu media, seperti kesehatan mata, menurunnya prestasi belajar sampai menunda perkembangan bahasa anak.

Menjadi hal wajar ketika orang tua gelisah dengan pola pendekatan terhadap anak yang disebut paling rentan terpengaruh media. Penyebabnya, anak belum kritis dalam berpikir, kecenderungan meniru, dan mudah terpengaruh teman sebaya.

Ada beberapa kiat penting yang berlaku di semua zaman untuk pegangan bagi orang tua. Pertama, membangun hubungan yang baik kepada Allah Swt, Zat Yang Maha Mengetahui dan Maha Menentukan, dengan memperbanyak doa. Di antara yang diajarkan Nabi Ibrahim As, terdapat dalam Alquran Surah As-Shofat ayat 100, “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.“

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat