Anak Sulit Baca Tulis, Apa Solusinya?

Anak Sulit Baca Tulis, Apa Solusinya?

Hadila.co.id — Assalamu’alaikum. Anak laki-laki saya (9th) susah menulis huruf. Ketika melihat (membaca) huruf dalam bacaan menjadi malas. Tulisan seperti momok baginya. Seperti anak sulit baca tulis. Sedangkan jika angka dia bisa menyelesaikan. Bagaimana mengatasinya? (085771204xxx)

Wa’alaikumsalam Wr. Wb. Ibu yang berbahagia. Mendampingi anak belajar merupakan suatu hal yang penting dilakukan oleh orangtua. Sebagai orang tua yang bijak, kita perlu mengetahui anak kita memiliki kecenderungan minat terhadap pelajaran apa saja. Persoalan ibu adalah anak sulit baca tulis

Untuk mengetahui hal ini, maka kita perlu mengetahui bahwa ada beberapa macam kecerdasan anak, diantaranya: Kecerdasan linguistik (bahasa), kecerdasan logic matematic (logika berpikir), kecerdasan kinestetik, kecerdasan visual spatial (logika berpikir), kecerdasan musical (seni), kecerdasan natural (menelaah alam sekitar), kecerdasan interpersonal (interaksi dengan orang lain), kecerdasan intrapersonal (memahami diri sendiri), dan kecerdasan spiritual (memahami nilai islam)

Selain itu, kita juga perlu mengetahui gaya belajarnya. Ada 3 tipe gaya belajar, yaitu: pertama, visual, yaitu kecenderungan anak mudah menyerap materi pelajaran dengan bantuan media alat peraga visual, misalnya dengan gambar, flash card, buku cerita.

Kedua, auditori, yaitu kecenderungan anak mudah menyerap materi pelajaran melalui apa yang dia dengar, misalnya dibacakan cerita atau materi pelajaran, secara langsung.

Ketiga, kinestetik, yaitu kecenderungan anak mudah menyerap materi pelajaran dengan bantuan alat peraga yang bergerak, misalnya materi pelajaran disampaikan melalui drama, games dan gerakan spontan.

Hafidz Muftisany
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat