Tips Traveling dengan Balita

Tips Traveling dengan Balita

Hadila.co.id Beberapa orangtua merasa tidak nyaman ketika berpergian atau traveling dengan mengajak anak mereka, terutama bawah lima tahun (Balita). Kebanyakan dari mereka merasa kurang nyaman karena harus mengawasi anaknya.

Padahal membawa balita saat traveling atau berpergian dapat merangsang perkembangan otak anak. Hal ini dikarenakan anak akan bertemu dengan hal-hal baru yang menarik perhatiannya.

Meski begitu Sahabat Hadila tak perlu khawatir untuk membawa si kecil saat traveling, berikut beberapa tips untuk Sahabat Hadila agar tetap nyaman saat berpergian meskipun membawa balita dilansir dari babycenter.com:

Pertama, rancang durasi traveling. Sebenarnya begitu berusia 3 bulan, anak sudah bisa diajak bepergian. Hanya saja, durasi travelingnya tidak bisa terlalu lama, cukup 2 sampai 3 hari. Setelah agak besar (1 tahun), barulah dapat diajak lebih lama, sekitar 1 atau 2 minggu.

Kedua, prinsip utama berpergian dengan balita adalah sebisa mungkin menciptakan suasana rumah dalam perjalanan maupun di tempat tujuan. Perhitungkan kondisi tempat yang dituju sampai suasana saat traveling.

Belajar Menjadi Ayah dan Bunda dari Calon Anak

Ketiga, minimalisir barang keperluan si kecil. Bawalah sedikit baju ganti, pampers, susu kemasan, dan botol minum agar beban Anda tidak terlalu berat. Siapkan baju hangat jika bepergian ke tempat dengan cuaca dingin.

Keempat, bawa obat-obatan yang sekiranya dibutuhkan seperti pereda sakit (paracetamol), termometer, obat batuk, pilek, obat diare dan muntah, obat alergi sampai cairan oralit. Bawa juga resep obat terakhir kali anak Anda sakit.

Kelima, selalu bawa topi atau payung kecil kemanapun Anda pergi untuk melindungi anak Anda dari sinar matahari. Jika perlu bawalah sunscreen dengan SPF 15 s.d SPF 30.

Keenam, jika menggunakan mobil pribadi, dudukkan anak Anda di kursi penumpang. Pasang sabuk pengaman. Untuk keselamatan total, maka pasanglah air bag. Tempelkan juga penutup kaca portable sehingga bisa dipasang dimanapun anak Anda duduk untuk menghindari sengatan sinar matahari.

Ketujuh, apabila Anda menggunakan kendaraan umum, usahakan untuk memesan tempat duduk sendiri untuk anak Anda agar memiliki tempat untuk bergerak dan Anda tidak perlu memangku sepanjang perjalanan.

Tips untuk Ayah dan Bunda Melatih Balita Berbicara Sejak Dini

Kedelapan, apabila Anda melakukan perjalanan dengan pesawat terbang, maka susui bayi Anda ketika taking off dan landing agar dia tidak mengalami gangguan pergantian tekanan udara.

Kesembilan, apabila Anda bepergian melewati zona waktu, cobalah biasakan/ latih jam tidur balita (ganti jadwal tidur) Anda sesuai dengan kondisi negara tujuan. Latihan ini bisa Anda mulai 2 sampai 3 hari sebelum keberangkatan. Hal ini bertujuan untuk memberi waktu bagi buah hati Anda untuk beradaptasi sehingga nantinya dia tidak rewel saat berada di tempat baru. Segera ajak dia berdiri di bawah sinar matahari setelah sampai di tujuan agar tubuhnya menyesuaikan.

Selain sembilan tips di atas Sahabat Hadila juga dapat membawakan si kecil barang-barang yang dapat mengalihkan perhatiannya saat rewel, Sahabat Hadila dapat membawakan si kecil mainan yang paling disukainya. Selain membawakan mainan, kita juga dapat mengalihkan perhatiannya dengan membacakan si kecil buku bacaan.

Sahabat Hadila dapat membawakan si kecil majalah Cilukba Junior. Selain berisi bacaan yang dapat dibacakan pada si kecil, di dalam majalah Cilukba Junior terdapat berbagai rubrik yang bisa dimanfaatkan untuk mengalihkan perhatian si kecil saat rewel.

<babycenter.com>

Berita Lainnya

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos