Tips Atasi Anak Kecanduan Gadget dan Televisi

Tips Atasi Anak Kecanduan Gadget dan Televisi

Hadila.co.id —  Ada jenis kecanduan baru yang menghantui para orang tua di era digital. Saat anak kecanduan gadget ternyata juga sama berbahayanya dengan jenis kecanduan-kecanduan yang lain.

Bukan hanya kecanduan gadget, tetapi anak kecanduan TV juga menjadi permasalahan dan problematika orang tua di era modern ini.

Kecanduan TV dan gadget dalam jangka waktu lama selain memengaruhi perkembangan motorik dan kepribadian anak, juga memengaruhi kesehatannya (bahaya radiasinya dapat merusak mata anak).

Lalu apa solusinya agar anak-anak kita terbebas dan terlepas dari kecanduan jenis ini?

Berikut beberapa tips mengatasi kecanduan anak pada TV dan Gadget. (Baca Juga: Tips Jitu Mendidik Anak Agar Patuh)

Habiskan waktu dengannya

Habiskan waktu lebih banyak dengan anak. Alihkan perhatian anak dari TV dan gadget pada aktivitas yang menyenangkan.

Saat ini ada banyak jenis permainan interaktif yang bisa dilakukan antara orang tua dengan anak. Termasuk dengan membaca buku-buku interaktif anak dan orang tua. Intinya adalah bagaimana orangtua lebih interaktif dengan anak.

Bermain di Luar

Biarkan anak memiliki kegiatan di luar seperti; bermain bola bersama teman-temannya, petak umpet, dll. Dulu orang tua pasti punya pengalaman seru saat harus bermain di luar. Sebab saat itu, satu-satunya permainan yang asyik bagi anak adalah bermain di luar bersama teman-temannya.

Maka tularkanlah pengalaman bermain diluar itu bersama anak-anak. Ciptakan permainan luar yang seru sehingga anak bisa tertarik.

Area Bebas Gadget

Admin Hadila
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat