Tetap Produktif Pasca Pensiun, Tetap Berpenghasilan dan Terhindar dari Barbagai Penyakit

Tetap Produktif Pasca Pensiun, Tetap Berpenghasilan dan Terhindar dari Barbagai Penyakit

Hadila.co.id Ada hal menarik yang membedakan Indonesia dan bangsa lain. Jika seseorang ditanya, jika sudah pensiun akan tinggal di mana, banyak yang menjawab, kembali ke tanah kelahiran (biasanya desa). Tinggal di sekitar keluarga besar. Mengolah tanah warisan. Menikmati hidup tua dari pensiunan.

Dari jawaban di atas, ada beberapa hal yang terbaca. Kembali ke tanah kelahiran, bangsa Indonesia merindukan suasana paling akrab dengan mereka.

Mereka juga mengharapkan hidup bersama keluarga besar, saling mendukung dan membantu. Mengolah tanah warisan sebagai kegiatan selingan, pagi sebelum minum kopi (atau teh) dan makan pisang goreng.

Biaya utama kehidupan disandarkan dari pensiunan. Wajar jika menjadi PNS sesuatu yang didamba karena ada jaminan uang pensiunan di sana.

Penyesalan Selalu Datang di Akhir

Kakek saya mengajak saya berpikir lebih dalam tentang ini. “Kakek tidak bersedia ditempatkan sebagai manusia santai dan tidak produktif setelah pensiun,” ungkapnya.

Apa yang salah dengan itu? Saya pikir, setelah lelah berkarir, istirahat di masa tua, sah saja.

Kakek mengajak saya berhitung. Lulusan SMA, pensiun sebagai PNS pada usia 55 tahun. Lulusan SMP lebih muda lagi. Sedangkan usia harapan hidup di Indonesia rata-rata70 tahun.

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat