fbpx

Summayah binti Khayyat, Syahidah Pertama

Summayah binti Khayyat, Syahidah Pertama

Oleh: Mukhamad Shokheh, M.A., Dosen Sejarah Unnes

            

Sumayyah binti Khayyat (sebagian sejarawan menulisnya dengan Summayah binti Khabath) adalah seorang hamba Abu Huzaifah bin Mughirah. Suaminya bernama Yasir. Mereka dikaruniai seorang putra bernama ‘Ammar bin Yasir. Kisah tentang Summayah adalah cerita tentang darah syahid pertama yang mengalir di muka bumi ini. Kisahnya memiliki pengaruh sangat kuat untuk generasi muslim sesudahnya. Dia menjalani kehidupannya dengan berbagai ujian dan menyelesaikannya dengan sebuah titel kesuksesan terbesar, yaitu kesyahidan.

Diceritakan Yasir, Al-Harits dan Malik yang merupakan tiga bersaudara datang ke Mekah untuk mencari saudara mereka yang lama menghilang. Sejak itu, mereka terus mencari ke berbagai pelosok negeri hingga sampai di Mekah. Namun, di kota ini pun mereka tidak menemukannya. Karena itu, Al-Harits dan Malik memutuskan pulang ke Yaman, sedangkan Yasir tetap tinggal di Mekah. Ada tradisi yang berlaku di masyarakat Arab, apabila orang asing tinggal di suatu negeri, maka dia harus mengikat perjanjian dengan salah seorang tokoh di kota tersebut. Yasir mengikat perjanjian dengan Abu Hudzaifah bil Al-Mughirah.

Abu Hudzaifah, tokoh terkemuka Mekah ini menyukai Yasir karena kebaikan akhlaknya. Abu Hudzaifah ingin memperkuat hubungannya dengan Yasir, sehingga dia menikahkan Yasir dengan budak perempuannya yang bernama Sumayyah binti Khabath. Dari pernikahannya dengan Sumayyah, Yasir dikaruniai seorang putra bernama ‘Ammar. Kebahagiaan mereka semakin sempurna, ketika Abu Hudzaifah memutuskan untuk membebaskan ‘Ammar dari statusnya sebagai budak. Tidak lama kemudian, Abu Hudzaifah meninggal dunia.

Keluarga Summayah Masuk Islam

Setelah Abu Hudzaifah meninggal, keluarga Sumayyah hidup di bawah perlindungan Bani Makhzum sampai ‘Ammar menginjak dewasa dan Sumayyah dan Yasir memasuki usia tua. Sampai datang masa diutusnya Rasulullah Muhammad Saw untuk menyampaikan kebenaran Islam dari Allah Swt. Berita tentang keberadaan Muhammad Saw terdengar sampai telinga ‘Ammar. Selanjutnya, dengan rasa penasaran dia mendatangi Rasulullah Saw di rumah Arqom bin Arqom dan mendengarkan langsung wahyu yang diturunkan kepada beliau. Di sini ‘Ammar bersyahadat dan menyatakan diri masuk Islam.

Redaksi
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat