Saat Jodoh tak Kunjung Datang, Ternyata Ada Syarat dan Ketentuannya

Saat Jodoh tak Kunjung Datang, Ternyata Ada Syarat dan Ketentuannya

Untuk itu, kita perlu hati-hati memilih jodoh yang terbaik dengan menyempurnakan ikhtiar lewat doa dan usaha. Salah satu usahanya dengan ‘membaikkan’ diri seperti hukum ke-3 di atas (orang baik jodohnya pasti orang baik).

Mengapa pada beberapa orang jodoh tak kunjung datang?

Saat Jodoh tak Kunjung Datang , banyak kemungkinannya. Bisa karena ditunda datangnya oleh Allah karena kita mau dikasih jodoh yang luar biasa.

Allah ingin menguji, apakah kita dengan segala potensi yang ada kelak akan jadi orang luar biasa, biasa-biasa saja, atau malah biasa di luar (keluyuran tidak jelas). Jadi jodoh itu memang “syarat dan ketentuan” berlaku.

Ada juga orang yang jodohnya tak kunjung datang lantaran masih salah dalam ikhtiar. Misalnya percaya dengan ramalan bintang atau nasihat dukun perihal jodoh. Jodoh bisa diperlambat atau bisa “ditutup” karena kita telah melakukan syirik. Ingat, syirik itu akan mengundang azab Allah di dunia dan akhirat. Dan bentuk azab di dunia dalam masalah jodoh bisa berupa dengan dipersulit, ditunda, atau ditutup sementara sampai kita tobat.

Kadang seseorang resah saat jodoh belum datang padahal usia semakin bertambah. Apakah ini wajar? Bagaimana menyikapinya?

Resah karena umur bertambah tapi jodoh belum juga datang padahal ikhtiar sudah nggak kurang-kurang adalah wajar, selama tidak tergesa-gesa. Dalam hadis riwayat Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah, Rasulullah mensinyalir adanya kemungkinan ikhtiar seseorang tak kunjung terkabul manakala ia “tergesa-gesa”, memutuskan untuk berhenti berdoa dan berusaha.  Jadi jangan berhenti ikhtiar dan doa saat jodoh tak kunjung datang

Jadi saran saya bagi mengalami fase saat jodoh tak kunjung datang, padahal ikhtiar sudah pol-polan, terus ikhtiar bagaimana pun caranya, yang penting syar’i. Sebab, orang yang gagal adalah orang yang memutuskan berhenti melangkah padahal selangkah lagi dia akan sukses.

Tips atau amalan apa saja yang bisa dilakukan agar jodoh disegerakan datangnya oleh Allah?

Coba terapkan ilmu “KDS” (Kenalan dengan orang baik, Dengan cara yang baik, Sambil terus memperbaiki diri). “TOP” (Tenang, Optimis, Percaya diri). Boleh juga mengamalkan “Teori 1000”-nya HAMKA (Agama beri nilai “1”, cantik/tampan beri nilai “0”. kekayaan beri nilai “0”.

Keturunan orang hebat beri nilai “0”). Maka carilah yang nilainya “1000” (saleh/salihah, cantik/tampan, kaya dan keturunan orang hebat). Kalau tidak dapat cari yang nilainya “100” (saleh/salihah, cantik/tampan, kaya). Kalau tidak dapat cari yang nilainya “10” (saleh/salihah, cantik/tampan). Kalau tidak dapat cari yang nilainya “1” (saleh/salihah).

Jangan lupa juga berdoa agar dipermudah jodohnya. Misalnya rutin membaca Q. S. Al-Anbiya ayat 89, Al-Furqan ayat 74, Thaha ayat 39 dan lain-lain. Wallahu a’lam.

Redaksi
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat