Puncak Musim Hujan Tiba, Begini Cara Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Puncak Musim Hujan Tiba, Begini Cara Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Hadila.co.id — Musim hujan telah tiba. Salah satu hal yang perlu kita perhatikan adalah bagaimana cara menjaga kesehatan di musim hujan ini. Sebab, perubahan cuaca di musim hujan kerap kali membuat kita terserang berbagai jenis penyakit, jika kita tidak bisa menjaga diri dengan baik.

Nah, untuk menjaga diri agar tetap sehat selama musim penghujan ini, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Simak ulasan yang telah dirangkum Hadila di bawah ini untuk mengetahui keterangan secara lengkapnya.

1. Selalu Pakai Pakaian yang Tebal Agar Tubuh Senantiasa Hangat

Musim hujan pasti identik dengan hawa yang dingin. Maka, salah satu cara menjaga kesehatan di musim hujan adalah dengan selalu memakai pakaian yang tebal. Hal ini diperlukan untuk membuat tubuh kita senantiasa hangat.

BACA JUGA: Lagi Musim Demam Berdarah, Lakukan Hal-Hal Ini untuk Mengatasinya

Tubuh yang hangat di hawa yang dingin akan membuat kita lebih ‘kebal’ terserang berbagai jenis penyakit. Seperti misalnya flu, demam, batuk, pusing, dan sebagainya. Oleh sebab itu, selalu sediakan pakaian yang tebal dan hangat di rumah, ya.

2. Senantiasa Menjaga Asupan Makanan

Cara menjaga kesehatan di musim hujan yang kedua adalah dengan menjaga asupan makanan kita. Hal ini masih berhubungan dengan cuaca musim penghujan yang selalu terasa dingin. Sehingga, tubuh kita memerlukan makanan bernuansa hangat untuk menyeimbangkan hawa dingin tersebut.

Ada banyak sekali jenis makanan hangat yang bisa dikonsumsi saat musim penghujan. Misalnya sup kuah, bakso kuah, soto ayam, dan berbagai makanan berkuah lainnya. Makanan-makanan ini, selain memberikan manfaat untuk menghangatkan tubuh di musim penghujan yang cenderung dingin, juga memang akan terasa nikmat ketika dinikmati saat hujan turun. Hmm

BACA JUGA: Makanan yang Cocok untuk Anak Sakit, Nikmat dan Penuh Gizi

Selain makanan, kita juga harus memperhatikan minuman yang kita konsumsi. Di musim hujan seperti ini, tubuh kita tak boleh sampai kekurangan cairan, sebab hal ini bisa membuat kita lemas, bahkan lebih parah, sampai jatuh sakit. Oleh sebab itu, senantiasa penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, ya.

3. Menjaga Lingkungan Agar Selalu Bersih

Harus diakui, musim hujan kerap kali membuat lingkungan menjadi mudah kotor daripada musim kemarau. Selain itu, pada saat musim hujan tiba, lingkungan pun akan menjadi lebih basah.

Dalam kondisi seperti ini, jika kita tidak menjaga kebersihan lingkungan dengan baik, maka berbagai jenis penyakit akan datang menyerang. Oleh sebab itu, menjaga kebersihan lingkungan adalah salah satu upaya menjaga kesehatan di musim hujan.

Dengan rajin membersihkan lingkungan, tidak akan ada sampah-sampah yang menampung genangan air. Hal ini tentunya bisa mencegah berkembangbiaknya jentik-jentik nyamuk yang bisa mengakibatkan berbagai jenis penyakit.

BACA JUGA: Jaga Kesehatan dengan Secangkir Herba Cengkih

Nah, untuk itu, mari kita bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita. Jangan menunggu orang lain memulainya, tetapi mulailah dari diri sendiri.

4. Rutin Mengonsumsi Vitamin

Perubahan cuaca dari panas ke dingin kerap membuat tubuh kita merasa ‘kaget’. Sehingga, hal ini dapat membuat sistem imun atau kekebalan tubuh menjadi lemah. Maka, mengonsumsi vitamin juga perlu dilakukan untuk meningkatkan daya imun kita dalam perubahan cuaca yang ekstrem ini.

Ibnu
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat