Lagi Musim Demam Berdarah, Lakukan Hal-Hal Ini untuk Mengatasinya

Lagi Musim Demam Berdarah, Lakukan Hal-Hal Ini untuk Mengatasinya
Sumber gambar: tribunnews.com

Hadila.co.id — Saat memasuki musim penghujan, salah satu jenis penyakit yang perlu diwaspadai oleh masyarakat adalah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Belakangan, penyakit ini banyak terjadi di berbagai wilayah, baik di kota-kota besar maupun di desa-desa. Penyakit demam berdarah, jika dibiarkan saja, bisa menjadi penyakit yang berbahaya, bahkan mematikan.

Oleh karena itu, kita perlu mengetahui apa yang menjadi penyebab penyakit tersebut, bagaimana cara untuk mencegahnya, dan jika sudah terlanjur terjadi, bagaimana cara untuk menyembuhkannya.

Pertama, perlu Sahabat ketahui bahwa penyakit demam berdarah ini disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegepty yang menggigit kulit seseorang, kemudian menghisap darahnya.

Ciri-ciri dari nyamuk Aedes Aegepty yang dapat menyebabkan seseorang terjangkit demam berdarah ini yakni memiliki warna kaki dan badan yang belang putih dan hitam atau tampak seperti bergaris-garis. Maka, Sahabat perlu memperhatikan jika di lingkungan sekitar banyak dijumpai nyamuk dengan ciri tersebut.

Mencegah Demam Berdarah

Kedua, untuk mencegah agar penyakit ini tidak menjangkiti Anda dan anggota keluarga, Anda harus selalu membersihkan lingkungan. Jangan pernah membiarkan lingkungan kotor, terlebih dengan banyak sampah yang mampu menampung air. Apalagi di musim hujan seperti saat ini, senantiasa bersihkan lingkungan dari genangan air. Sebab, hal tersebut bisa menjadi tempat untuk tumbuh dan berkembangnya nyamuk-nyamuk.

Selain itu, jangan lupa untuk memberikan abate di tempat-tempat yang selalu dilalui air, seperti got di sekitar rumah Anda. Hal ini bisa meminimalisasi perkembangbiakan nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit demam berdarah.

Menguras bak mandi atau tempat penampungan air yang ada di rumah secara rutin juga perlu untuk dilakukan. Dalam beberapa sumber, disebutkan bahwa bak mandi yang sehat senantiasa dibersihkan atau dikuras minimal satu minggu sekali.

Ibnu
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat