Mengenal Wasir atau Hemoroid, Gejala, Pencegahan, Penanganan dan Pengobatannya

Mengenal Wasir atau Hemoroid, Gejala, Pencegahan, Penanganan dan Pengobatannya

Hadila.co.id Wasir atau ambeien istilah medisnya adalah hemoroid, yakni terjadinya pelebaran pembuluh darah vena di bagian anus. Wasir atau hemoroid menyebabkan rasa sakit dan juga keluarnya darah segar saat Buang Air Besar (BAB).

Wasir atau hemoroid ada 2 macam, hemoroid interna dan hemoroid eksterna. Hemoroid interna ditandai dengan adanya benjolan di dalam anus sedangkan untuk hemoroid eksterna benjolannya terdapat di bagian luar anus.

Gejala awal dari penyakit ini adalah ketika BAB keluar darah segar, setelah lama berlangsung akan muncul benjolan. Untuk tahap awal ini BAB nya kadang hanya menetes, bisa juga langsung mengalir.

Manfaat Minyak Kelapa Murni, Mulai dari Anti Virus hingga Nutrisi untuk Ibu Hamil

Penyakit wasir memiliki 4 stadium. Untuk stadium awal biasanya penderita tidak merasakan sakit, ia akan merasakan sakit ketika sudah mulai muncul benjolan. Benjolan tersebut awalnya hanya kecil, dan itu bisa keluar atau masuk anus dengan sendirinya.

Untuk kondisi seperti ini benjolan yang masih kecil biasanya masih memungkinkan untuk diobati dengan salep. Ketika sudah muncul benjolan seperti ini penderita akan merasakan gatal dan nyeri di bagian anus sehingga sangat tidak nyaman ketika duduk. Rasanya seperti ada yang mengganjal.

Jika menderita wasir, sebaiknya periksa ke dokter untuk mengetahui seperti apa kondisinya. Jika nanti ternyata masih tahap awal, solusinya dengan pengobatan. Karena ketika nanti dia melahirkan otomatis mengejan, dan nanti benjolan tersebut bisa keluar.

Langkah Tepat Menangani Gatal pada Anak Menurut Dokter Spesialis Anak

Kenapa bisa terjadi wasir? Salah satu penyebabnya adalah konstipasi atau sembelit. Saat BAB harus mengejan karena feses keras. Bisa juga karena faktor obesitas atau kegemukan.

Namun penyakit wasir itu tidak menurun. Jika orang tua dan anak sama-sama menderita wasir, kemungkinan karena pola makannya. Orang yang banyak makan makanan berserat, banyak minum air putih maka BAB nya akan lancar sehingga tidak perlu mengejan.

Namun jika pola makannya kurang serat dan kurang minum air putih ketika BAB ia harus mengejan karena fesesnya keras, ini yang kemudian menjadi salah satu pemicu penyakit wasir atau hemoroid ini. Demikian semoga bermanfaat.<Sumber: dr. Tri Wigati>

Berita Lainnya

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos