fbpx

Mengenal Gaya Belajar Pada Anak

Mengenal Gaya Belajar Pada Anak
Ilustrasi Sumber: Freepik

Diberlakukannya kebiasaan baru di masa pandemi membuat berbagai sektor mulai kembali terasa geliatnya. Termasuk sektor pendidikan yang saat ini tengah berjuang untuk pulih. Agar kegiatan pendidikan tetap terlaksana, sebagai alternatifnya pembelajaran pun menggunakan sistem jarak jauh atau remote learning dari rumah.

Oleh karena itu peran orang tua sangat diharapkan dalam mendampingi buah hati belajar di rumah. Agar ayah dan bunda lebih efektif membantu si kecil belajar, kita perlu mengenali gaya atau ciri khas anak ketika menerima satu ilmu baru.

Ada banyak cara untuk mengetahui gaya belajar atau ciri khas dalam belajar. Cara paling akurat tentu dengan tes khusus. Tes tersebut biasanya mengukur tingkat belajar secara visual (pengelihatan), auditori (pendengaran), dan kinestetik (praktik) atau disingkat VAK.

Gaya belajar tersebut dikembangkan oleg Walter Burke Barbe. Menurutnya, setiap orang memiliki kombinasi VAK yang berbeda. Beberapa ada gaya yang sama menonjolnya, tetapi ada pula persentase ketiganya yang sama besar. Berikut jenis gaya-gaya pembelajaran VAK seperti yang dilansir dari laman Tirto.id.

Visual

Ifa
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat