fbpx

Mengatasi Anak yang Sulit Konsentrasi Saat Belajar

Mengatasi Anak yang Sulit Konsentrasi Saat Belajar
Sumber gambar: idrus.co

Hadila.co.id — Assalamualaikum. Anak laki-laki saya (9 tahun) mengalami gangguan belajar. Saat belajar di sekolah sering tak konsentrasi pada pelajarannya (melamun, merauti pensil, menggambar). Sehingga tugasnya sering tak selesai; misal mencatat, mengerjakan soal tulis. Namun, jika diberi pertanyaan lisan tentang yang disampaikan guru, dia relatif bisa menjawab. Bagaimana mengatasinya? (08122632xxx)

Wa’alaikumsalam Wr. Wb

Konsentrasi belajar, merupakan suatu kemampuan seorang anak untuk mampu fokus dengan apa yang dia pelajari secara utuh dan tuntas. Keberhasilan belajar (konsentrasi) tidak hanya dipengaruhi oleh kecerdasan, tetapi juga oleh banyak faktor, di antaranya:

Pertama, faktor fisik (kesehatan anak). Jika fisik anak sehat, cukup istirahat, maka anak akan ceria, senang, fokus, enjoy dalam menjalani hari-hari begitu pula ketika belajar.

Kedua, suasana lingkungan (rumah, sekolah). Ketika suasana rumah sejuk, damai, harmonis; dapat membangkitkan semangat anak untuk belajar. Ini juga berlaku di sekolah. Apabila sebaliknya; sekolah bising, panas, dan pengap, akan menghambat belajar (anak cepat lelah dan mudah emosi).

Ketiga, suasana batin anak sangat berpengaruh pada naik turunnya semangat belajar dan konsentrasi. Misal; anak menjadi antipati pada pelajaran tertentu karena ada pengalaman tidak menyenangkan dengan gurunya, anak merasa selalu gagal pada mata pelajaran itu, atau anak stres karena tuntutan menjadi juara dari orang tuanya.

Redaksi
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat