Menebak Harga Surga

Menebak Harga Surga

Hadila.co.id—Setiap orang tidak bisa menebak harga surga. Apakah kita harus berpayah-payah beribadah hingga jumlah amalan kita mampu menebus surga. Atau dosa manusia sejagad raya bisa mengugurkan kita sebagai calon penghuni surga.

Ibrahim Bin Adham yang populer dengan sebutan Abu Ben Adhem, memiliki nama lengkap Abu Ishak Ibrahim bin Adham, Bin Mansur al-Balkhi al-Ijli, Abu Ishaq. Dia lahir di Balkh di sebelah timur Khurasan.

Keluarga Ibrahim berasal dari Kufah, dan merupakan keturunan kedua dari Khalifah Umar bin Khattab. Dia adalah raja Balkh tetapi meninggalkan tahta dengan kemewahan yang ada untuk menjadi seorang sufi.

Taubatnya Ibrahim merupakan sebuah kisah yang unik. Salah satu kisah yang mengawali taubatnya adalah semasa menjadi raja. Sebagaimana umumnya kehidupan para raja, Ibrahim juga bergelimang kemewahan. Suatu malam, ketika sedang tidur di atas dipannya, ia dikejutkan oleh suara langkah kaki dari atas genteng, seperti seseorang yang hendak mencuri.

Ibrahim menegur orang itu, “Apa yang tengah kamu lakukan di atas sana?” Orang itu menjawab, “Saya sedang mencari onta saya yang hilang.” “Apa kamu sudah gila, mencari onta di atas genteng,” sergahnya.

Namun orang itu balik menyerang, “Tuan yang gila, karena tuan mencari Allah di istana.” Jawaban itu membuat Ibrahim tersentak, gelisah, merenungi kebenaran kata-kata itu. Perenungan itu mengawali perjalanan panjang kehidupannya hingga menjemput hidayah-hidayah selanjutnya.

Dalam kisah termasyhur lain, Ibrahim bin Adham pernah “menebak harga surga”. Suatu hari dalam sebuah perjalanan, ia mencari sebuah tempat untuk menunaikan hajat (toilet). Tampak seorang pemuda berjaga di tempat tersebut.

Admin Hadila
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat