fbpx

Membuat Anak Gila Membaca

Membuat Anak Gila Membaca

Kapan kita mulai bisa mengajarkan membaca kepada anak? Para ahli menyebutkan, usia 2 tahun dalam bentuk pengenalan kegiatan pra-membaca. Tetapi Jim Trelease menunjukkan dalam bukunya yang bertajuk The Read Aloud Handbook bahwa mengenalkan membaca kepada anak dapat dimulai semenjak anak sudah mampu mengikuti gerakan kita dengan penglihatannya. Ini sekitar usia 4 bulan.

Mengenalkan kegiatan pra-membaca itu sangat penting, tapi itu saja sangat tidak cukup. Tumbuhnya minat baca yang kuat juga tidak cukup. Minat baca yang kuat tidak sama dengan minat belajar. Keduanya berbeda. Tetapi jika minat membaca terarah dengan baik, lebih mudah menumbuhkan minat belajar.

Apa yang Perlu Kita Ajarkan?

Paling mudah adalah mengajarkan keterampilan. Lihatlah HP dan smartphone, betapa mudahnya orang menggunakan keduanya. Tak peduli apa jenjang pendidikannya.

Makin kompleks sebuah keterampilan, makin sulit menumbuhkannya. Tetapi hal ini lebih mudah dibanding menumbuhkan minat dan kecintaan. Pun dengan membaca. Betapa banyak anak yang sudah terampil membaca sebelum masuk SD, tapi saat kelas 1 atau 4, minat bacanya ambruk dan gairah belajarnya runtuh.

Orang yang berminat akan berusaha untuk menguasai, yang mau akan berusaha untuk mampu, tetapi yang mampu belum tentu mau. Bahkan besarnya kemampuan yang tidak disertai kemauan, justru menjadikan anak lebih mudah mengalami kejenuhan.

Maka, yang paling pokok diajarkan pada anak usia dini adalah mengakrabkan, menjadikan mereka suka, dan menanamkan bahwa membaca itu sangat penting dan penuh manfaat. jadi bukan sekadar kemampuan mengeja atau menunjukkan nama-nama benda dalam buku.

Gizi buku juga penting dibanding bentuknya. Kita kadang begitu asyik memilihkan buku yang bagus dan berbentuk lucu, tetapi lupa pada isinya. Ingat, kita mengajari anak membaca bukan semata agar mereka terampil tetapi juga menjadikannya sebagai jalan untuk meraup ilmu dan mengenal Allah Swt. Bukankah Allah Swt mengajarkan kepada manusia dengan jalan membaca?

Apa Media Pembelajaran yang Tepat?

Redaksi
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat