Manfaat Menonton Video Kartun untuk Anak-Anak, Orang Tua Harus Tahu

Manfaat Menonton Video Kartun untuk Anak-Anak, Orang Tua Harus Tahu
Tangkap layar salah satu video kartun anak muslim di kanal Youtube Majalah Cilukba.

Hadila.co.id — Apakah putra-putri Sahabat Hadila di rumah senang sekali menonton video kartun? Entah itu di televisi, di Youtube, atau di media lainnya?

Jika iya, jangan buru-buru memarahi dan melarangnya, ya. Sebab, menonton kartun memiliki beberapa manfaat untuk perkembangan anak-anak.

Tentunya, manfaat di sini bisa diperoleh jika anak-anak kita menonton kartun-kartun yang baik. Jadi, daripada memarahi anak-anak yang gemar menonton kartun, sebaiknya Sahabat menjadi orang tua yang lebih perhatian dengan membantu anak memilihkan tontonan yang berkualitas.

Di samping itu, jangan lupa untuk senantiasa mengontrol waktu menonton anak, ya. Jika memang sudah berlebihan, sebaiknya segera diingatkan. Namun, tetap dengan cara yang baik, ya! Jangan pernah memarahi apalagi sampai membentak anak.

BACA JUGA: Anak Kecanduan Game Online? Ini Tips untuk Mengatasinya

Nah, jika hal-hal dasar ini bisa Sahabat lakukan, memilihkan tontonan kartun yang baik dan mengontrol waktu menonton mereka, insya Allah beberapa manfaat menonton video kartun untuk anak-anak bisa Sahabat dapatkan.

Apa saja? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Menonton video kartun bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak

Ya, ketika anak-anak sedang menonton kartun, kemampuan berbahasa mereka bisa meningkat. Hal ini tak lain disebabkan oleh adanya berbagai percakapan dalam tayangan kartun tersebut.

Dari berbagai percakapan yang ada, biasanya anak akan menemukan dan kemudian menirukan beberapa istilah baru dalam percakapan. Sehingga, memilihkan kartun dengan percakapan yang baik dan santun tentunya akan membuat anak memiliki percakapan yang baik dan santun pula.

BACA JUGA: 5 Langkah yang Perlu Dilakukan Agar Anak Mengenal Allah dengan Baik

Di samping itu, jika kartun tersebut tayang dengan beberapa bahasa sekaligus, misalnya bahasa Indonesia, Inggris, Arab, dan sebagainya. Hal ini akan membuat anak secara tidak langsung belajar bahasa asing.

2. Hubungan anak dan orang tua bisa semakin erat berkat menonton video kartun bersama-sama

Menonton kartun, selain bisa memberikan hiburan dan kesenangan bagi seorang anak, sejatinya bisa Sahabat manfaatkan sebagai sarana membangun kedekatan dengan anak.

Jadi, ketika anak ingin menonton video kartun, maka dampingilah mereka. Di sini, Sahabat bisa mengontrol kartun yang sedang ditonton, sekaligus menjadi lebih dekat dengan mereka.

Ibnu
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat