5 Langkah yang Perlu Dilakukan Agar Anak Mengenal Allah dengan Baik

5 Langkah yang Perlu Dilakukan Agar Anak Mengenal Allah dengan Baik

Hadila.co.id — Salah satu kewajiban orang tua muslim kepada anak adalah memberikan dasar hubungan yang harmonis dengan Allah, agar kelak mereka menjadikan Allah sebagai sumber kebahagiaan.

Maka dari itu, mengenalkan anak pada keberadaan Allah sejak sedini mungkin merupakan hal yang sangat penting. Sehingga, orang tua perlu melakukan langkah-langkah yang tepat.

Seperti cara mendidik anak dalam hal lainnya, modal utamanya adalah keteladanan. Jadi, bila kita ingin anak-anak kita mengenal Allah dengan baik, maka kita pun harus mengenal Allah dengan baik pula.

Setelah kita mengenal Allah (dan selalu berproses untuk semakin mengenal-Nya), kini saatnya mengenalkan keberadaan Allah kepada anak-anak kita. Berikut adalah tahapan untuk mendidik agar anak mengenal Allah.

Memperdengarkan “Laa Illaaha Illallah Agar Anak Mengenal Allah

Pertama, memperdengarkan kalimat “Laa Illaaha Illallah” pada saat ia lahir. Kalimat tauhid inilah yang pertama kali harus kita perdengarkan di awal kehidupan anak-anak. Sehingga kalimat itu membekas dan menjadi cahaya bagi hati mereka.

Rasullullah Saw bersabda, ”Bukalah lidah anak-anak kalian pertama kali dengan kalimat Laa Illaaha Illallah.”

Sesuai dengan ajaran Nabi tersebut, Imam al Baqir dan Imam ash Shadiq Ra. dalam kitab Al-Amali menulis, “Ketika anak berusia 3 tahun maka ajarkan kepadanya ‘Laa Illaaha Illallah’ sebanyak 7 kali. Kemudian biarkan ia sampai usia 3 tahun 3 bulan, lalu ajarkan padanya, ‘Muhammad Rasulullah’ sebanyak 7 kali.”

Akan lebih baik bila ibu yang senantiasa mengajarkan kalimat-kalimat tersebut. Karena suara ibu berbeda dari suara-suara lain. Bahkan menurut penelitian, cara ibu berbicara atau berucap, akan lebih menguatkan pesan pada diri anak.

Mengajak Anak Salat Sejak Kecil Agar Anak Semakin Mengenal Allah

Kedua, mengajak anak salat sejak kecil. Salat adalah sarana kita untuk berhubungan (berkomunikasi) dengan Allah. Karena itu, wajib bagi orang tua muslim untuk mengajarkannya sejak dini kepada anak agar mereka kian mengenal Allah.

Seorang ibu yang hamil dan senantiasa menjaga waktu-waktu salat, sejatinya telah mengajarkan salat kepada calon anaknya kelak.

Ibnu
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat