Ketahanan Pangan dalam Sejarah Islam

Ketahanan Pangan dalam Sejarah Islam

Oleh: Mukhamad Shokheh (Dosen Ilmu Sejarah Unnes)

Sejarah peradaban umat manusia memperlihatkan bahwa pangan merupakan salah satu sektor vital dalam kehidupan. Sektor ini penting karena menyangkut hajat serta keberlangsungan hidup umat manusia. Bangsa-bangsa di dunia ini pernah mengalami krisis pangan ketika krisis dan bencana panjang menerpa. Krisis pangan dalam sejarah telah memicu bencana kemanusiaan berupa kesehatan, sosial, dan keamanan.

Sejumlah peradaban pernah menjadi saksi adanya kematian massal karena kekurangan pangan. Konflik agraria yang berkepanjangan antara Sparta dan Athena di abad ke-7 SM menjadi faktor penyebab krisis ini. Wabah kelaparan juga pernah melanda China di medio akhir abad ke-19 yang disebabkan masa kekeringan yang terjadi pada tahun 1876-1879 (Evan Fraser dan Andrew Rimas, 2010). Serangkaian banjir yang terjadi di Mesir pada tahun 1194-1200 M juga menyebabkan kelaparan yang berdampak pada migrasi besar-besaran warga untuk mencari sumber bahan makanan (Hamied Ansari, 986).

 

Belajar dari Sejarah

Al-Qur’an Surah Yusuf ayat 46-49 mengisahkan cerita Nabi Yusuf As, yang menjadi pelopor strategi ketahanan pangan yang kuat. Suatu hari raja Mesir, Ar-Rayyan bin Al-Walid bermimpi tentang tujuh ekor sapi betina gemuk-gemuk dimakan oleh tujuh ekor sapi betina kurus-kurus, dan tujuh bulir gandum hijau, serta tujuh bulir yang lain kering.

Tidak ada satupun penasihat kerajaan yang mampu mentakwilkan mimpi raja dengan penjelasan yang memuaskan, sampai kemudian Nabi Yusuf membantu menafsirkan mimpi baginda raja. Menurut sang Nabi yang juga ahli manajemen ini, tujuh ekor sapi betina gemuk-gemuk merupakan tanda yang bercocok tanam selama tujuh tahun. Bercocok tanam selama tujuh tahun dilakukan supaya negara gemuk seakan seperti sapi betina yang gemuk.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat