Jantung Berdebar Lebih Kencang, Apa Penyebabnya?

Jantung Berdebar Lebih Kencang, Apa Penyebabnya?
sumber: hellosehat.com

Hadila – Asalamualaikum Dokter. Saya perempuan 36 tahun. Saya punya asma dan kambuh kalau pas kena debu banyak atau batuk. Akhir akhir ini ketika kondisi agak panik saja, saya kadang tiba-tiba merasa detak jantung lebih cepat, kenapa ya, Dok? Terima kasih (Hamba Allah)

Jawaban oleh: dr. H. Elfizon Amir, Sp.PD, FINASIM (Pengurus Prokami  Sumbar, Direktur Rumah sakit Ibnu Sina YARSI Padang)

Jantung berdebar atau palpitasi adalah kondisi ketika jantung berdenyut terlalu cepat dan tidak beraturan. Penderita palpitasi umumnya merasa jantung berdegup cepat dan kencang. Sensasi tersebut dapat dirasakan di area tenggorokan dan leher.

Pada beberapa kasus, palpitasi tidak berbahaya. Tetapi palpitasi yang disertai gejala seperti pusing dan sesak di dada, patut diwaspadai. Kondisi tersebut dapat menjadi pertanda ada masalah di jantung. Karena itu, penting untuk mengenali penyebab dan gejala jantung berdebar.

Pada orang dewasa, detak jantung bisa berkisar antara 60-100 bpm, tergantung pada usia dan kondisi kesehatan. Saat tubuh memerlukan lebih banyak oksigen, jantung akan memompa darah lebih banyak dengan cara meningkatkan frekuensi pemompaan. Hal inilah yang menyebabkan jantung berdebar.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat