Internet Sehat untuk Ananda

Internet Sehat untuk Ananda

Oleh: Pravisi Shanti, Psikolog dari Universitas Negeri Malang

 

 

Internet memang bagaikan mata uang yang memiliki dua sisi. Banyak sisi positif yang diperoleh dengan menggunakan internet, seperti pengetahuan dan informasi yang bermanfaat, hiburan yang menyenangkan, tetapi dampak negatifnya pun sungguh meresahkan. Adanya konten yang kurang sesuai bagi anak, adanya cyberbullying yang sekarang sedang menjamur, dan ada pula kejahatan-kejahatan yang dilakukan melalui internet seperti penipuan. Oleh karena itu sejak dini anak perlu diperkenalkan dengan internet sehat bagi ananda.

Lalu apa ya yang harus dilakukan untuk mengatasinya, Bunda? Melarang ananda untuk menggunakan internet pun sepertinya bukan solusi yang tepat, apalagi kalau ananda sudah beranjak remaja dimana banyak teman-teman seusianya pun menggunakan internet. Untuk itu, ada beberapa hal yang penting untuk dilakukan oleh orangtua, untuk melindungi ananda agar memperoleh manfaat positif dari internet dan terhindar dari dampak negatifnya.

Pertama, dampingi ananda saat dia menggunakan internet, terutama untuk ananda yang berusia 9 tahun ke bawah. Tunjukkan situs apa saja yang boleh dia buka, dan apa yang boleh dia lakukan saat sedang berselancar di dunia maya. Di usia ini, ananda belum perlu untuk memiliki akun media sosial seperti Facebook, yang mungkin saja akan disalahgunakan oleh orang-orang yang berniat jahat. Proteksi juga penting, misalnya dengan menggunakan search engine atau software yang ramah anak seperti YouTube Kids, untuk menghindarkan ananda membuka konten dewasa yang belum sesuai dengan usianya.

Redaksi
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat