Ingin Menikah? Segeralah Khitbah

Ingin Menikah? Segeralah Khitbah

Oleh Cahyadi Takariawan (Konsultan Keluarga dari Jogja family Center)

“Seperti apa sih ciri laki-laki bertanggung jawab? Kami menjalin hubungan sudah tiga tahun, setiap kali saya tanya apakah dia serius? Dia bilang serius. Namun begitu saya tanya kapan melamar, jawabannya selalu berputar-putar, tidak jelas,” tanya seorang mahasiswi.

Pertanyaan seperti itu banyak saya temukan saat mengisi kuliah pranikah, maupun saat membuka konseling pranikah. Betapa banyak hubungan tanpa status berlama-lama tanpa ada kejelasan. Lelaki dan perempuan lajang yang terjebak dalam dunia pacaran, tanpa memiliki komitmen untuk menapaki langkah menuju gerbang pernikahan.

Ciri Lelaki Bertanggung Jawab

Salah satu ciri lelaki bertanggung jawab adalah segera menempuh proses khitbah atau meminang secara resmi. Bukan hanya melakukan pendekatan dan pacaran, berlama-lama melakukan aktivitas senang-senang yang sesungguhnya dilarang, tetapi selalu menghindar saat ditanya kapan meminang.

Gerbang awal setelah kedua belah pihak—lelaki dan perempuan lajang—sepakat dan mantap untuk memasuki jenjang pernikahan adalah dengan jalan khitbah. Jika ada laki-laki merayu Anda, dan terus menerus mengajak Anda menjalin hubungan mesra tanpa ada komitmen apa pun di dalamnya, itulah lelaki tidak bertanggung jawab.

Ciri Perempuan Bertanggung Jawab

Sebagaimana laki-laki, perempuan pun harus bertanggung jawab. Ciri perempuan bertanggung jawab adalah mampu menjaga kehormatan dan kesucian dirinya hanya untuk suami yang sudah resmi. Jika ada perempuan suka berganti-ganti pasangan tanpa kejelasan, suka menjalin hubungan tanpa status dengan banyak laki-laki, dan tidak memiliki orientasi menuju gerbang pernikahan; itu adalah ciri perempuan tidak bertanggung jawab. Hanya ingin mengejar kesenangan sesaat.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat