Ingin Keluarga Harmonis? Simak 10 Cara Agar Keluarga Tetap Harmonis Berikut Ini!

Ingin Keluarga Harmonis? Simak 10 Cara Agar Keluarga Tetap Harmonis Berikut Ini!

Hadila.co.id — Harmonis. Pasti inilah hal yang diinginkan oleh setiap pasangan yang telah membangun rumah tangga. Bagaimana cara agar keluarga tetap harmonis? Pertanyaan seperti ini pasti juga sering muncul di benak Sahabat, bukan?

Jika dilihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata harmonis bermakna bersangkut paut dengan (mengenai) harmoni; seia sekata. Tentunya, bukan perkara mudah untuk mencapai seia sekata antara dua kepala atau lebih. Namun, bukan berarti hal tersebut mustahil untuk dicapai.

Apabila setiap pasangan dalam suatu rumah tangga memiliki visi dan misi yang sama, menjadi keluarga harmonis adalah hal yang sangat mungkin terjadi. Maka dari itu, jika Sahabat ingin menciptakan suasana harmonis dalam kehidupan rumah tangga—entah yang masih baru atau sudah berjalan lama, silakan menyusun visi dan misi rumah tangga bersama dengan pasangan.

BACA JUGA: Empat Konsep Menunaikan Peran Kerumahtanggaan

Di samping itu, Sahabat juga bisa menyimak beberapa tips dan cara agar keluarga tetap harmonis berikut ini. Mudah-mudahan bisa menjadi referensi untuk membangun rumah tangga yang sakinah, mawadah, wa rahmah.

1. Tidak Bersikap Egois dan Mudah Emosi Setiap Kali Menghadapi Masalah

Dalam setiap hubungan, pasti akan ada suatu permasalahan. Oleh sebab itu, masing-masing individu harus memiliki kemampuan untuk mengontrol emosi dalam menyikapinya. Jangan pernah sekali-kali menyelesaikan masalah dengan kepala yang ‘panas’, sebab hal tersebut justru hanya akan memperkeruh suasana.

Bisa saling menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing adalah salah satu kunci untuk menghadapi setiap permasalahan. Tidak ada manusia yang sempurna. Pun dengan Anda dan juga pasangan Anda. Jika keduanya sama-sama egois ingin menjadi yang paling benar, pasti akan saling berbenturan.

Tenanglah dalam menghadapi setiap persoalan. Tidak masalah jika Anda harus mengalah, selama itu dapat menyelesaikan masalah. Mengalah bukan berarti kalah, justru Anda jauh lebih bisa mengontrol ego diri untuk mempertahankan hubungan yang harmonis.

BACA JUGA: Untuk Para Suami, Inilah Cara Menghadapi Sifat Buruk Istri

2. Senantiasa Memiliki Waktu untuk Momen Kebersamaan Keluarga

Pekerjaan memang penting, tetapi hal itu tak boleh menjadi penghalang untuk Anda dapat berkumpul dan menciptakan momen kebersamaan yang hangat bersama keluarga.

Dengan berkumpul dan bercengkerama dengan keluarga—termasuk pasangan, dan juga anak-anak, Anda telah mengupayakan cara agar keluarga tetap harmonis. Buat apa banyak harta, tetapi keluarga tak bahagia?

Selama hubungan Anda dengan keluarga baik dan harmonis, insya Allah pekerjaan Anda di luar sana juga akan mengikuti. Keluarga pasti akan selalu memberi dukungan penuh. Jadi, jangan pernah menyepelekan waktu berkumpul bersama keluarga!

3. Menerapkan Gaya Hidup Sehat Bersama Keluarga

Keharmonisan dalam keluarga salah satunya juga bisa tercipta jika keluarga Anda senantiasa berada dalam kondisi sehat walafiat. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat bersama dengan keluarga.

BACA JUGA: 8 Landasan Memupuk Cinta Agar Tidak Kering dan Layu

Minimal, masing-masing anggota keluarga perlu untuk saling mengingatkan terkait pola makan yang tepat. Setiap sepekan sekali melaksanakan olahraga ringan bersama, seperti misalnya lari pagi atau bersepeda. Tentunya, selain membuat Anda kian lekat dengan keluarga, kondisi tubuh juga akan senantiasa sehat.

4. Menjaga Hubungan Baik dengan Lingkungan Sekitar

Ingat, membangun keluarga bukan berarti Anda hanya perlu berhubungan dengan pasangan Anda saja, atau dengan anggota keluarga yang lainnya. Namun, Anda juga perlu bersosialisasi dengan lingkungan, dengan orang-orang di sekitar Anda, dengan para tetangga.

Hubungan dengan lingkungan yang baik akan membentuk hubungan di dalam rumah tangga menjadi lebih ‘sehat’. Pun sebaliknya, jika Anda kerap berkonflik dengan lingkungan, pastinya hal tersebut juga dapat berdampak pada hubungan Anda dengan keluarga. Artinya, keharmonisan dalam keluarga Anda bisa saja berangsur-angsur meluntur.

5. Harmonis dengan Menciptakan Suasana Keluarga Menyenangkan

BACA JUGA: Di Rumah, Cinta Kita Membuncah

Cara agar keluarga tetap harmonis yang selanjutnya adalah dengan memosisikan diri sebagai pencipta suasana bahagia dalam keluarga. Jangan pernah membawa masalah yang Anda dapatkan di luar, masuk ke dalam keluarga.

Seberat apa pun masalah pekerjaan Anda, ketika sudah berada di rumah, berkumpul bersama keluarga, jadilah sosok yang penuh dengan kebahagiaan. Hal ini akan membuat kebersamaan keluarga Anda menjadi lebih kuat.

Toh, kalau Anda membawa masalah pekerjaan atau masalah luar lainnya ke dalam rumah, juga tidak serta-merta masalah tersebut akan selesai. Justru, hal itu akan kian memperkeruh suasana.

6. Menyusun Komitmen Bersama dengan Pasangan

Komitmen adalah dasar dalam sebuah hubungan. Oleh sebab itu, dalam rumah tangga pun, komitmen harus senantiasa diperbarui. Jika di awal menikah Anda memiliki komitmen A, maka selanjutnya, Anda dan pasangan harus mempertakankan sekaligus mengembangkannya.

BACA JUGA: 6 Pengikat Suami Istri agar Selalu Bahagia

Komitmen jangka panjang sebagai pasangan dapat menjadi pengendali jika masing-masing individu mulai merasakan kejenuhan dalam menjalani kehidupan bersama. Oleh sebab itu, agar rumah tangga senantiasa harmonis, komitmen ini harus benar-benar disepakati oleh masing-masing isi kepala dalam rumah tangga.

7. Menjadi Sosok yang Selalu Bijak dan Tegas Setiap Kali Menghadapi Masalah Keluarga

Bijak dan tegas bukan hanya diperlukan seorang suami sebagai kepala rumah tangga. Namun, juga istri. Kita tidak tahu, masalah seperti apa yang kelak akan mengombang-ambingkan bahtera rumah tangga. Bisa jadi, hal tersebut mengguncang jiwa salah satu di antara pasangan dalam rumah tangga. Bisa saja, suami akan down dalam menghadapinya.

Di sinilah pentingnya masing-masing individu dalam rumah tangga memiliki sikap bijak dan tegas untuk menyelesaikan masalah. Jika suami jatuh, maka ada istri yang menguatkan, pun sebaliknya. Jika istri jatuh, suami yang mengangkatnya kembali. Bijak dan tegas adalah cara terbaik untuk menyelesaikan masalah sekaligus menjadi cara agar keluarga tetap harmonis.

BACA JUGA: 6 Tema yang Harus Dibahas Dengan Pasangan

8. Menomorsatukan Kepentingan Buah Hati

Bagi pasangan yang telah mendapat amanah buah hati dari Allah Swt, tentu harus mampu membagi peran. Anak bukan tanggung jawab ibu saja, pun juga bukan tanggung jawab ayah saja. Namun, anak adalah tanggung jawab kedua orang tuanya. Ayah dan ibu.

Oleh sebab itu, setiap orang tua harus menomor-satukan kepentingan anak agar senantiasa tercipta keluarga yang harmonis. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah menyediakan waktu khusus untuk bercengkerama dengan anak, atau berbagi tugas untuk memenuhi setiap keperluan anak.

9. Menyediakan Tempat Tinggal yang Nyaman

Tempat tinggal yang nyaman di sini bukan berarti rumah harus mewah dan berharga selangit. Namun, nyaman di sini lebih kepada sesuatu yang bisa dirasakan oleh pasangan dalam membina rumah tangganya.

Biasanya, para pasangan baru akan merasa tak nyaman jika harus tinggal bersama di rumah mertua. Oleh sebab itu, usahakan untuk memiliki tempat tinggal sendiri, misalnya dengan mengontrak rumah, jika memang belum memiliki dana untuk membeli atau membangun rumah sendiri.

Namun demikian, tetap bangun komunikasi yang baik dengan pasangan dan juga orang tua. Jangan sampai ada yang tersakiti. Semua akan baik-baik saja jika Anda mampu membangun komunikasi yang baik.

BACA JUGA: 3 Kunci Keluarga Bahagia Dunia Akhirat Dalam Islam

10. Bersikap Jujur dan Terbuka Kepada Pasangan

Poin ini bisa dibilang sebagai kunci utama cara agar keluarga tetap harmonis. Pastikan diri Anda untuk selalu bersikap jujur dan terbuka kepada pasangan. Jangan pernah ada yang ditutup-tutupi atau dirahasiakan terhadap pasangan.

Sepahit apa pun kebenaran, pasangan Anda akan lebih senang jika mendengar hal tersebut langsung dari Anda, bukan dari orang lain. Setidaknya, dengan bersikap jujur dan saling terbuka, kita bisa saling mengerti antara satu dengan yang lainnya. Permasalahan pun akan lebih ringan jika diselesaikan bersama-sama.

Nah, demikianlah Sahabat Hadila, ada 10 poin penting cara agar keluarga tetap harmonis. Jadikan semuanya sebagai bahan perenungan dan evaluasi diri, apakah Anda dan pasangan sudah melaksanakan semuanya, atau justru ada yang terlewat, sehingga rumah tangga Anda menjadi sedikit tergoncang? Tenang, masih ada waktu untuk memperbaikinya. <Ibnu Majah>

Berita Lainnya

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos