Hal-Hal yang Sebaiknya Dilakukan Keluarga di Momen Awal Tahun Baru Seperti Saat Ini

Hal-Hal yang Sebaiknya Dilakukan Keluarga di Momen Awal Tahun Baru Seperti Saat Ini
Sumber gambar: freepik.com

Hadila.co.id — Tahun 2019 baru saja berakhir, dan sekarang kita benar-benar sudah memasuki tahun baru: Tahun 2020. Meskipun kelihatannya sama saja, tetapi tidak bisa dipungkiri jika pergantian tahun menjadi suatu momen bagi banyak orang untuk memulai ‘fase’ kehidupan yang baru.

Ada orang-orang yang dulu rajin melakukan kejahatan, mulai berubah saat tahun baru. Ada orang-orang yang dulu tak rajin beribadah, setelah tahun baru jadi lebih baik. Tahun baru memang bukan faktor utama yang menjadi penyebab perubahan mereka, tetapi tahun baru memiliki andil yang cukup besar untuk menjadi bagian dari perubahan itu. Momennya sangat tepat, banyak orang lain yang juga berubah, sehingga perubahan akan tampak alamiah. Bagaimana pun, hal ini mesti kita syukuri.

Nah, Sahabat Hadila di mana pun Anda berada, mumpung sekarang masih masa-masa awal tahun baru, jika ada suatu kejelekan dalam diri kita, dan kita hendak memperbaikinya, belum terlambat. Lakukanlah sekarang.

BACA JUGA: 5 Cara Agar Anak Suka Membaca Buku, Nomor 3 Ampuh Banget!

Di samping itu, bagi Sahabat yang sudah mulai membangun rumah tangga, ada baiknya menyimak dan menjalankan beberapa hal berikut ini untuk mengisi masa awal tahun baru. Agar ke depan, satu tahun ini bisa Anda dan keluarga jalani dengan baik. Tak ada penyesalan yang menumpuk di belakang akibat kurangnya perencanaan di depan.

Inilah beberapa hal yang perlu dilakukan oleh setiap keluarga di awal tahun baru:

Menyusun Resolusi Keluarga

Menyusun resolusi keluarga adalah hal pertama yang harus dilakukan oleh sebuah keluarga. Baik keluarga kecil ataupun keluarga besar. Resolusi keluarga tentu berbeda dengan resolusi pribadi, tetapi keduanya bisa saling beririsan.

Jika resolusi pribadi bisa Anda susun sendiri, resolusi keluarga harus direncanakan bersama dengan seluruh anggota keluarga.

Penyusunan resolusi keluarga bisa dimulai dengan membuat perencanaan terkait pengelolaan keuangan keluarga. Hal ini penting, sebab sering kali rencana-rencana lain akan mengikuti hasil kondisi keuangan yang ada dalam sebuah keluarga.

Secara garis besar, menyusun keuangan keluarga bisa dimulai dengan membuat daftar tujuan penggunaan uang (daftar kebutuhan), kemudian membuat anggaran, melakukan eksekusi, komitmen, melakukan evaluasi dan review, financial check up.

BACA JUGA: Ingin Keluarga Harmonis? Simak 10 Cara Agar Keluarga Tetap Harmonis Berikut Ini!

Sementara itu, hal yang bisa Sahabat lakukan di awal tahun adalah tahap membuat daftar tujuan penggunaan uang (daftar kebutuhan), dan menyusun anggaran keuangan. Keduanya tidak harus dibuat dengan sangat rigid seperti penyusunan anggaran keuangan di sebuah perusahaan (meskipun kalau bisa rigid, akan semakin baik), yang terpenting apa yang Anda buat tidak besar pasar daripada tiang. Jangan lupa untuk selalu menyiapkan dana untuk keperluan tak terduga.

Berita Lainnya

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat