Daya Serap Belajar Anak Rendah, Bagaimana Menyikapinya?

Daya Serap Belajar Anak Rendah, Bagaimana Menyikapinya?

Assalamu’alaikum. Ustazah, mau nanya, anak saya kalau belajar daya serap dan ingatannya agak lemah, bagaimana cara mengatasinya? (085643035xxx)

Jawaban oleh : Budhy Lestari, Psikolog (Konsultan tumbuh kembang anak)

Wa’alaikumsalam. Wr. Wb.

Ibu yang berbahagia, setiap anak pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Ada anak yang dikaruniai fisik sempurna, tetapi kemampuan akademisnya kurang. Ada juga yang fisiknya kurang sempurna tetapi kemampuan akademik dan empatinya bagus. Itulah keunikan yang harus kita pahami. Kemudian, menjadi tugas kita untuk menumbuhkembangkan segala potensi dan kelebihan anak, lalu mengelola segala kelemahan agar dapat tertutupi oleh kelebihan tersebut.

Terkait pertanyaan ibu mengenai kemampuan daya serap anak yang dirasa masih kurang, ada beberapa hal yang sebaiknya ditelusur .

Kita perlu mencari tahu sebenarnya sejauh mana potensi kecerdasan anak kita. Ada beberapa alat tes psikologi yang dapat mengungkapkannya, meski bukan sebagai satu-satunya patokan.

Misal ketika kita mengetahui hasil tes psikologi IQ-nya di atas rata-rata, tetapi hasil akademiknya belum memuaskan, ini menandakan bahwa ada faktor lain yang menghambat potensi anak. Faktor inilah yang perlu ditelusur lebih lanjut lalu dikonsultasikan dengan guru di sekolah. Selanjutnya dapat dirancang dan diterapkan bersama sebuah terapi dalam rentang waktu tertentu, lalu dilakukan evaluasi.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat