Cara Membuat Ramuan Minyak Esensial

Cara Membuat Ramuan Minyak Esensial

Oleh: Budhi Purwanto, S. Kep. Ners. M. Kes (Ahli Keperawatan Teknologi Bahan Alam)

Minyak esensial banyak digunakan masyarakat sebagai pengobatan dan kosmetik yang memiliki banyak manfaat. Selain untuk perawatan tubuh, minyak ini juga dapat digunakan pada wajah yang bermasalah. Kali ini kita akan bahas cara membuat ramuan minyak esensial.

Minyak esensial ala ayurveda merupakan minyak aroma terapi dari beberapa bunga yang dikombinasikan menjadi satu dan memiliki manfaat dalam bidang terapi.

Minyak esensial ayurveda merupakan gabungan dari minyak atsiri bunga cempaka (michelia champaca), bunga kenanga (cananga odorata), dan bunga melati (jasminum sambac).

Masing-masing bunga tersebut memiliki segudang manfaat yang baik bagi kulit kita. Bunga cempaka, kenanga, dan melati sering kita jumpai sebagai tanaman pekarangan maupun banyak kita jumpai di pinggir-pinggir jalan.

Minyak esensial ayurveda memiliki efek sedatif hipnotik yaitu menenangkan dan menstimulasi tidur yang lebih berkualitas.

Selain itu, minyak esensial ayurveda dapat digunakan untuk mengatasi keputihan, batuk, bronkitis, meredakan demam, mengobati sakit kepala ringan dan mengobati sesak napas. Kandungan kimia pada bunga cempaka yaitu alkaloida dan zat samak.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat