Cara Ampuh Yakinkan Calon Pelanggan yang Masih Ragu

Cara Ampuh Yakinkan Calon Pelanggan yang Masih Ragu

Hadila.co.id — Assalamu’alaikum Wr. Wb. Saya Rudi di Solo. Sudah 5 tahun saya menjalankan usaha advertising. Selama menjalankan usaha ini, saya merasa ada satu tantangan besar dalam hal penjualan. Bagaimana cara meyakinkan pelanggan atau calon pembeli yang masih ragu-ragu? Terima kasih.

Wa’alaikumsalam Wr. Wb. Mas Rudi, kurun waktu 5 tahun menjalankan usaha advertising merupakan waktu yang cukup. Pastilah sudah banyak pengalaman yang didapat baik pengalaman baik maupun yang kurang baik.

Memang tidak mudah untuk langsung meyakinkan calon pembeli, untuk membeli produk/ jasa yang Mas Rudi tawarkan. Dalam melakukan transaksi coba perhatikan bagaimana respons awal calon pembeli? Kalau calon pembeli itu sudah datang ke kantor biro advertising atau melakukan kontak, tentunya mereka sudah ada rencana untuk membeli atau membuat promosi. Berarti di sini tinggal bagaimana kita mempresentasikan produk atau jasa yang kita miliki dan membuat closing penjualan. Respons dan ketertarikan sudah ada, selanjutnya kita harus mampu mengubah calon konsumen menjadi konsumen dan memperbesar jumlah pembelanjaannya.

Bagaimana caranya? Simak beberapa hal berikut ini.

Pertama, lakukan penawaran yang powerfull (yakin dan percaya diri). Keyakinan akan berimbas pada penampilan dan cara melakukan presentasi. Presentasikan dengan baik semua keunggulan yang dipunyai dan jangan lupa berikan garansi, agar dia yakin akan mendapatkan seperti apa yang mereka harapkan. Pastikan juga bahwa produk yang kita tawarkan/ jual memiliki kualitas baik (keunggulan desain, originalitas ide, bentuk tampilan, distribusi penyebaran, kualitas hasil produksi, jaminan atas bahan, dan lain-lain).

Kedua, tunjukkan contoh produk untuk meyakinkan konsumen. Bisa berupa katalog, foto dokumentasi, dummy produk atau produk asli. Berikan testimoni dari para pelanggan terdahulu atas kepuasan mereka terhadap pekerjaan advertising yang dipercayakan kepada usaha kita. Tunjukkan list, bukti, dokumentasi pengerjaan dan penghargaan, video testimoni yang diterima atas berbagai pekerjaan advertising yang sudah pernah dilakukan.

Ketiga, sebutkan kelebihan-kelebihan produk/ jasa Anda dan katakan bahwa dana yang dikeluarkan tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan manfaat yang dia dapatkan. Lakukan closing. Trik memberikan  harga sesuai dengan perkiraaan batas kemampuan prospek, bisa juga dilakukan. Cara lain, berikan kemudahan cara pembayaran atas produk atau jasa yang ditawarkan. Ini bisa jadi pertimbangan tersendiri bagi setiap calon konsumen.

Demikian yang dapat saya berikan semoga bermanfaat.

[Oleh: IIBF Soloraya | Dimuat dalam Hadila Edisi Agustus 2014]

Redaksi
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat