fbpx

Anak Mudah Marah, Apa Sebabnya?

Anak Mudah Marah, Apa Sebabnya?

            Asalamalaikum. Ustazah, anak saya sekarang TK besar. Emosinya sangat meledak-ledak, suka marah, enggak bisa bercanda. Marahnya terutama dengan saya ibunya, padahal semua sudah saya turuti. Kadang karena hal kecil, dia langsung marah. Ada apa dengan anak saya? (0896703xxxx)

 Jawaban Ustazah Budhy Lestari (Psikolog)

 Terkait gejolak emosi anak tersebut kita sering dengar istilah “temper tantrum” yaitu ledakan amarah anak yang terjadi secara tiba-tiba, spontan tanpa terencana. Bentuknya beragam. Umumnya adalah menangis keras, berteriak, menjerit-jerit, memukul, menggigit, bergulung-gulung, dan lain-lain. Secara umum, ada beberapa pemicu anak mengalami temper tantrum dan berikut ini cara mengatasinya.

Pertama, keinginan yang tidak terpenuhi. Biasanya anak akan menunjukkan respons tantrum bila keinginannya tidak kita penuhi, terlebih ketika sudah terbiasa sering dituruti keinginannya. Terkadang respons tantrum ini berlangsung cukup lama hingga kadang sampai anak ketiduran. Alangkah lebih bijaknya ketika kita tidak selalu menuruti kehendak anak. Ada saatnya kita turuti ketika memang keinginan anak tersebut sesuatu hal yang urgent. Namun ada kalanya kita menunda keinginan anak. Untuk menguatkan hal ini harus ada kekompakan dan prinsip konsisten dari semua orang yang membersamai anak.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat